GP Australia dapat menghadirkan pesta penyalipan gaya MotoGP, kata Horner

Australian GP could deliver MotoGP-style overtake fest, says Horner

sumber Gambar: motorsport.com

Sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan peluang menyalip di sekitar sirkuit Albert Park yang dikonfigurasi ulang, FIA telah meningkatkan jumlah zona DRS di sekitar trek.

Dan dua minggu setelah adegan aneh di Grand Prix Arab Saudi, di mana Max Verstappen dan Charles Leclerc bermain kucing dan tikus dengan zona deteksi DRS terakhir untuk tidak menjadi yang pertama melewatinya, ada kekhawatiran pengulangan kali ini juga.

Horner mengatakan bahwa F1 perlu memperhatikan peran yang dimainkan DRS dalam balap, karena membuat menyalip terlalu lugas sama buruknya dengan tidak melakukan passing sama sekali.

Berbicara kepada Sky tentang permainan yang dimainkan oleh Leclerc dan Verstappen di Jeddah, Horner berkata: “Anda pasti tidak menginginkan itu.

“Saya pikir di Jeddah misalnya, jika garis DRS telah nanti, atau sebenarnya di tikungan itu sendiri, maka tidak akan ada permainan taktis yang masuk.

“Saya pikir apa yang akan menarik di sini, dengan empat zona. Ini cukup banyak seluruh putaran beh ind. Apa yang tidak Anda inginkan adalah DRS menjadi terlalu mudah, jadi itu hanya sebuah pelayaran melewati.

“Apa DRS seharusnya memungkinkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak efek slipstream. Ini harus dijalankan tetapi tanpa hanya melaju melewati kedua sisi.

“Jadi jarak zona DRS ini akan menjadi cukup menarik dalam balapan pada hari Minggu untuk melihat seberapa besar pengaruhnya.

“Ini bisa seperti balapan MotoGP di mana Anda bisa berganti dua atau tiga kali per putaran.”

Didorong pada apakah itu hal yang baik untuk tontonan itu atau tidak, Horner berkata: “Tunggu sampai hari Minggu. Simpan penilaian Anda. Tapi itu tergantung pada panjang zona itu dan bagaimana pengaruhnya. Jika itu `s terlalu mudah untuk disalip, maka itu tidak baik.”

Ferrari memimpin dalam latihan hari Jumat di Melbourne, dengan Carlos Sainz memuncaki sesi pertama sementara Leclerc berada di puncak pada sore hari.

Dengan Verstappen menjadi yang tercepat kedua di FP2 , Horner cukup puas dengan perkembangannya.

“Masih sangat ry produktif sekalipun,” jelasnya. “Saya pikir kami membuat perubahan progresif yang membuat mobil semakin dekat ke jendela, dan balapan di akhir terlihat cukup bagus juga.

“Jadi ya, sedikit pekerjaan yang harus dilakukan malam ini, beberapa hal yang harus dirapikan ke atas. Tapi saya pikir kami punya arah yang bagus dan mobil mulai merespons perubahan itu dengan baik.”

Disadur dari Motorsport.com.