GP Australia: Leclerc memimpin Verstappen dalam latihan F1 kedua

Australian GP: Leclerc leads Verstappen in second F1 practice

sumber Gambar: motorsport.com
Pembalap kecepatan
FP1 Carlos Sainz finis ketiga di depan Fernando Alonso dari Alpine, sementara George Russell adalah pebalap Mercedes teratas di urutan ke-11 sementara Lewis Hamilton finis ke-13.

Dalam kondisi hampir 10°C lebih dingin dibandingkan dengan sesi latihan pertama di Albert Park pada hari Jumat – berkat awan hujan gelap yang menyelimuti Melbourne menjelang lari sore selama satu jam – Sainz memimpin selama lari awal di kompon ban yang lebih keras sebelumnya rekan setimnya dan kemudian Verstappen unggul pada selebaran berikutnya di soft.

Valtteri Bottas menetapkan benchmark tempat pertama pada 1m21,852s dengan lari awal menggunakan ban medium, sebelum ia digulingkan secara berurutan oleh pasangan McLaren Lando Norris dan kemudian Daniel Ricciardo.

Saat lima menit pembukaan hampir berakhir, Leclerc melesat ke depan dengan 1m20.898s pada medium, yang ia kalahkan beberapa menit kemudian dengan 1m20.523s.

Valtteri Bottas kemudian menempati posisi pertama dengan 1m20,432s sebelum Leclerc, lari awal yang panjang pada karet berdinding kuning berlanjut, maju lagi dengan 1m20,175s.

Tapi baru saja melewati tanda 10 menit, 1m19.979s Sainz menempatkannya di posisi teratas untuk pertama kalinya, dengan putaran di medium yang tersisa sebagai yang terbaik sampai 10 menit kemudian – ketika pembalap Ferrari memimpin pergantian ke soft.

Leclerc kembali unggul pada lari pertamanya di karet berdinding merah – 1m19.771s – meskipun tanpa sektor ungu dan kehilangan banyak waktu dengan slide di sudut kedua dari belakang.

Sainz, yang harus mundur dari pamflet pertamanya di soft setelah bertemu dengan Yuki Tsunoda yang melaju perlahan di racing line melalui tikungan kedua, kemudian mundur di depan dengan 1m19.568s.

Alonso mematahkan dominasi Ferrari di depan dengan 1m19.537s tepat sebelum titik tengah, tetapi hanya beberapa saat kemudian Leclerc – yang telah melewati pit sebelum melanjutkan di soft – menurunkannya dengan rekor terbaik baru 1m19.487s.

Sainz melanjutkan pertukaran waktu terbaik dengan Leclerc saat ia mencatatkan waktu 1m19.376s, tetapi pemimpin kejuaraan itu kemudian unggul secara definitif dengan putaran ketiga di set soft lainnya dengan 25 menit tersisa.

Setelah memposting apa yang akan berdiri sebagai waktu tercepat di sektor pertama, Leclerc melesat ke 1m18.978s untuk menguasai Sainz untuk pertama kalinya sejauh ini dalam latihan untuk acara ini.

Semua pebalap Ferrari bertukar waktu terbaik di soft – khususnya saat lari berikutnya – Verstappen melakukan pekerjaannya sendiri untuk membangun waktu terbaik di kompleks itu.

Setelah berada di urutan bawah selama lari awal di medium, sang juara dunia naik ke pertempuran untuk menjadi yang teratas dengan softs flier pertamanya, yang dikompromikan dengan menghadapi Esteban Ocon dan Hamilton melalui bagian kiri/kanan yang super cepat dari Belokan 9/10 di awal sektor terakhir. Getaran kedua

Verstappen di soft, di mana ia mengalami lebih banyak masalah lalu lintas di Tikungan 9/10, membuatnya tertinggal 0,408 detik pada waktu terbaik Leclerc secara keseluruhan, tetapi ia membuat kemajuan yang stabil dengan dua upaya lagi.

Pada softs flier ketiganya, Verstappen membukukan sektor ungu di sepertiga tengah lap, tetapi harus mundur terlambat setelah meluncur keluar dari trotoar untuk Belokan 12 ke kanan dan kemudian memantul kembali ke trek mengunci dan meluncur dalam di tikungan terakhir.

A beberapa menit kemudian Verstappen melaju lebih cepat di sektor tengah dan mampu menyelesaikan putaran kali ini, menyelesaikan 0,245 detik di depan Leclerc dan mencuri di depan Sainz, dengan Red Bull tampak kehilangan waktu di bawah kemudi melalui dua tikungan terakhir.

Perhatian kemudian beralih ke pengumpulan data balapan akhir FP2 yang khas, yang dihentikan oleh bendera merah dengan 10 menit lagi oleh bagian depan fairing penutup roda atas pada mobil Lance Stroll yang meledak dan mendarat di trotoar pintu keluar di Belokan 12. 

Ketika sesi dilanjutkan, para pembalap Ferrari terlihat – dan terdengar – sedang melakukan lumba-lumba sepanjang jalan melalui tikungan-tikungan baru yang menukik menuju kompleks Belokan 9/10. Lari terakhir

Sergio Perez di softs membuatnya berada di antara Alonso dan Ocon, dengan Bottas berakhir di urutan ketujuh – larinya di soft yang menampilkan penguncian besar di Tikungan 1 dan tersandung kerikil di belakang Tikungan 2. 

Norris menempati urutan kedelapan di depan Pierre Gasly dan Ricciardo, dengan Russell ke-11 untuk Mercedes – 1,234 detik lebih lambat dari waktu terbaik Leclerc.

Hamilton tertinggal 0,3 detik, dengan juara dunia tujuh kali itu memiliki momen off-track utama selama lari awal.

Saat ia melesat melewati Tikungan 12 selama satu putaran di medium, Hamilton harus menangkap dua pukulan oversteer – yang kedua membuatnya meluncur melintasi jebakan kerikil di pintu keluar tikungan.

Stroll datang tepat di belakang Hamilton dan menghadapi dua investigasi pasca-sesi karena tampaknya menghalangi pembalap Inggris dan Sainz dalam insiden terpisah selama lap awal. Aston Martin lainnya – kembali ke tangan Sebastian Vettel akhir pekan ini setelah absen karena COVID-19 di Bahrain dan Jeddah – tidak ambil bagian dalam FP2 menyusul masalah mesin berasap di akhir FP1.

Tim telah bertukar mesin baru, tetapi kehabisan waktu untuk mengeluarkan juara dunia empat kali itu untuk sesi kedua.

Vettel juga akan melihat pramugari sekarang FP2 telah menyimpulkan tentang perjalanan skuter on-tracknya kembali ke pit setelah kesimpulan FP1 dan mobilnya terdampar.

Hasil GP Australia – FP2:

Disadur dari Motorsport.com.