GP Australia: Leclerc mengalahkan Verstappen dan Perez ke pole

FIA shuts down Verstappen F1 safety car restart tactics

sumber Gambar: motorsport.com

Leclerc memimpin setelah run pertama di Q3, muncul dalam 1m18.239s detik sebelum Fernando Alonso jatuh di Tikungan 11, hander kanan di ujung punggung lurus dan zona DRS kedua.

Alonso baru saja menetapkan waktu terbaik di sektor tengah ketika dia kehilangan bagian belakang Alpine-nya melalui Tikungan 11, pembalap Spanyol itu mengatakan setelah dia jatuh setelah dikirim ke kerikil dan kemudian ke dinding di luar, bahwa dia telah “kehilangan hidrolika” dan “tidak dapat mengganti gigi “.

Ketika sesi dilanjutkan untuk putaran terakhir Q3 – dengan semua sesi kualifikasi menggunakan ban lunak – Perez memimpin, memilih untuk pergi lebih awal untuk melakukan dua putaran sementara sisanya melakukan upaya terakhir dengan dua putaran. warm-up tours.

Perez Upaya Q3 kedua berakhir hanya 0,001 detik dari upaya Leclerc sebelumnya, sebelum Verstappen unggul di depan keduanya pada 1m18.154s.

Tapi Leclerc merespons dengan sektor ungu di sepertiga pertama dan terakhir – Alonso mempertahankan b waktu terbaik di sektor tengah – untuk mencatat waktu 1m17.868s dan mengamankan pole keduanya di tahun 2022 dengan 0,286s.

Perez menjalankan Q3 ketiga tidak lebih baik dari yang kedua dan dia finis ketiga, di depan Lando Norris, Lewis Hamilton dan George Russell dalam balapan dengan tiga pembalap Inggris.

Hamilton telah membuntuti Russell hanya dengan putaran terakhir Q3 tersisa – mobil-mobil Mercedes menggunakan taktik panjang lari yang serupa dengan Perez setelah bendera merah Alonso, yang berlangsung hampir 15 menit.

Pahlawan tuan rumah Daniel Ricciardo berakhir di urutan ketujuh di depan Esteban Ocon dan Carlos Sainz di Ferrari kedua.

Sainz sangat disayangkan tidak menyelesaikan putaran terbang Q3 pertamanya saat bendera merah dikibarkan untuk kecelakaan Alonso dan dia tidak bisa menyamai kecepatan rekan setimnya di menit-menit terakhir.

Alonso menempati urutan ke-10 karena dia tidak menetapkan waktu di Q3 akibat kecelakaannya.

Di Q2, yang diunggulkan Perez, Pierre Gasly dan Valtteri Bottas membayar karena tidak memperbaiki penampilan terbaik mereka di pertandingan terakhir mereka ps saat mereka tersingkir di posisi 11 dan 12 – yang terakhir kehilangan penampilan beruntun panjangnya di Q3 sebagai hasilnya.

Yuki Tsunoda dan Zhou Guanyu menghasilkan lap terbaik mereka di pamflet terakhir mereka, yang menghasilkan posisi 13 dan 14 untuk masing-masing pembalap AlphaTauri dan Alfa Romeo.

Mick Schumacher, yang menyelesaikan lap Q2 terakhirnya, personal best, sebelum sebagian besar sisa paket, menempati urutan ke-15.

Setelah segmen menengah selesai, beberapa pelari Q3 – termasuk Leclerc, Hamilton dan Verstappen – mengeluh tentang matahari terbenam yang mengganggu penglihatan mereka saat mereka melewati sirkuit Albert Park.

Masalah visibilitas, yang mendorong Leclerc dan Hamilton untuk meminta visor yang lebih gelap untuk Q3, adalah karena sesi berjalan lama karena penundaan setelah kecelakaan Alonso dan Q1 ditangguhkan dengan dua menit tersisa setelah kecelakaan besar antara warga Kanada Nicholas Latifi dan Lance Stroll.

Stroll baru saja memasuki keributan setelah Aston Martin memperbaiki mobilnya setelahnya. r kecelakaan FP3 terakhir, ketika pasangan datang bersama-sama dalam kesalahpahaman yang jelas tentang membiarkan mobil lewat ketika di lap lambat saat mereka keluar Belokan 5.

Latifi baru saja membiarkan Berjalan-jalan saat mereka berlari dengan kecepatan lambat menuju Belokan 5 – ketat, cepat tangan kanan daripada mengakhiri sektor pertama trek – ketika Williams berakselerasi dan melewati Aston di sisi kanannya, dengan Zhou mendekati keduanya dari belakang dengan kecepatan lebih tinggi.

Ketika Latifi lewat, Stroll berbelok ke kanan – mungkin untuk keluar dari Cara Zhou adalah persyaratan untuk pembalap yang tidak berada di putaran terbang – dan pasangan itu melakukan kontak, mematahkan suspensi depan kanan Aston dan membuat Latifi menancap ke dinding dan menghancurkan semua sudut dengan Williams.

Saat sesi dilanjutkan setelah penundaan 15 menit, yang digunakan Aston untuk menyelesaikan perbaikan yang juga telah diselesaikan pada mobil Sebastian Vettel yang tampaknya tidak akan selesai sebelum bendera merah, sekelompok pembalap mengantri di ujung pitlane dan kemudian r berhasil untuk mendapatkan keunggulan posisi trek dan menemukan suhu ban yang diperlukan untuk satu penerbangan terakhir.

Pada hal itu, hanya Gasly dan Vettel yang mampu mengatur catatan terbaik pribadi, yang berarti Alex Albon dan Kevin Magnussen – salah satu yang paling aktif di pemanasan terakhir- up lap saat ia melewati Williams dan Ricciardo untuk memimpin kelompok – melewatkan cut di urutan 16 dan 17 di belakang Schumacher, yang mengungguli Magnussen untuk kesempatan pertama dalam waktu mereka sebagai rekan setim Haas.

Upaya Vettel sudah cukup untuk membuatnya unggul waktu Latifi dari sebelum kecelakaannya dengan Stroll, yang membawa ke belakang lapangan tanpa waktu yang ditentukan.

Ketika dia kembali ke pit pada akhir Q1, Albon, yang akan turun tiga tempat di grid Melbourne sebagai akibat kecelakaannya dengan Stroll di balapan Jeddah, diperintahkan untuk menepi dan menghentikan mobilnya di depan tikungan kedua dari belakang ketika Williams mendeteksi adanya masalah.

Kecelakaan antara Latifi dan Stroll akan diselidiki sekarang kualifikasi telah berakhir, sementara Vettel didenda €600 karena ngebut di pitlane selama penampilan singkatnya di Q1, yang dipimpin Verstappen.

Disadur dari Motorsport.com.