Hasil balapan F1 Grand Prix: Ferraris Leclerc memenangkan GP Australia

F1 Grand Prix race results: Ferrari's Leclerc wins Australian GP

sumber Gambar: motorsport.com

Leclerc mendominasi balapan, terlepas dari momen samar setelah melakukan start ulang yang buruk dari periode safety car ketika Verstappen hampir mendekatinya.

Verstappen berada di jalur untuk tempat kedua ketika mobilnya gagal dengan 18 lap tersisa. Pembalap Red Bull kedua Sergio Perez finis kedua, di depan Mercedes dari George Russell dan Lewis Hamilton.

2022 Hasil balapan Grand Prix Australia

Bagaimana Grand Prix Australia dibuka

Leclerc mempertahankan keunggulan polenya saat berlari ke Tikungan 1, memimpin di depan Verstappen, dengan cepat -mulai Hamilton, Perez (yang mendapat kotak di luar Tikungan 1), Russell (Mercedes) dan Lando Norris, yang McLaren-nya dibom di tikungan pertama.

Ferrari kedua Carlos Sainz memulai dengan ban keras dan berjuang keras dari garis start, turun ke posisi 14 pada lap pembukaan. Dia kemudian memutar dan memarkir mobil di Tikungan 10 pada tur kedua, mengeluarkan safety car.

Setelah restart, Perez melewati Hamilton untuk posisi ketiga menggunakan DRS pada pendekatan ke Tikungan 3 pada Lap 10.

Verstappen mengeluhkan masalah ban sejak dini sebagai Lap 12, saat Leclerc menarik keunggulannya menjadi lebih dari 4 detik. Verstappen juga mengalami beberapa masalah sensor dengan mobilnya dan tertinggal lebih dari 8 detik pada Lap 19 ketika dia diadu untuk ban keras.

Ketika Verstappen bergabung kembali, Alpine milik Fernando Alonso – yang memulai dengan hard – melewati Pierre Gasly untuk AlphaTauri kedelapan di Tikungan 3. Perez sekarang berjuang untuk mendapatkan cengkeraman, dan Hamilton di sekujur tubuhnya, mengadu pada Lap 21.

Leclerc mengadu pada Lap 22, seperti yang dilakukan Hamilton, karena semua starter menengah beralih ke hard. Hamilton menyalip Perez, tetapi pebalap Meksiko itu segera melewatinya dari luar saat mendekati Tikungan 9.

Mobil pengaman kedua diperlukan agar Aston Martin dari Sebastian Vettel berhenti di trek setelah dia membentur tembok saat keluar dari Tikungan 4, dengan Russell mengambil keuntungan untuk membuat pitstop-nya di bawah kuning dan melompat ke posisi ketiga, di depan Alonso, yang belum berhenti, Perez dan Hamilton.

Leclerc melakukan start ulang yang buruk dan Verstappen menyerangnya dengan keras, tetapi pemimpin kejuaraan Ferrari itu hanya mempertahankan keunggulannya dan kemudian mundur sekali lagi. Perez melewati Alonso untuk posisi keempat pada Lap 30 dan Hamilton melakukan hal yang sama satu putaran kemudian.

Perez menyalip Russell untuk posisi ketiga di Tikungan 11 pada Lap 37, yang menjadi kedua dua lap kemudian ketika Verstappen disuruh menghentikan mobilnya karena kegagalan teknis. Saat para marshal menangani mobilnya, sebuah mobil keselamatan virtual dipanggil – dengan Alonso dan Magnussen keduanya berada di posisi 10 besar.

Leclerc sekarang memimpin 12 detik atas Perez, di depan Russell dan Hamilton, Norris dan Daniel Ricciardo (McLaren). Pria Ferrari itu menyibukkan diri dengan memastikan lap tercepat sebelum mencetak kemenangan keduanya musim ini, yang memperpanjang keunggulan kejuaraannya.

Perez mengalami cedera berumput terlambat dalam perjalanannya ke posisi runner-up dan finis lebih dari 20 detik di belakang.

2022 Formula 1 Grand Australia Prix ​​lap tercepat

2022 Formula 1 Grand Prix Australia pitstops

 

Disadur dari Motorsport.com.