Hasil Kualifikasi Grand Prix F1: Leclerc raih pole GP Australia

Australian GP: Leclerc beats Verstappen and Perez to pole

sumber Gambar: motorsport.com

Leclerc akan memulai balapan di depan Max Verstappen dan Sergio Perez dari Red Bull setelah sesi kualifikasi satu jam, yang dibagi menjadi tiga segmen dengan lima mobil masing-masing tersingkir di Q1 dan Q2 sebelum adu penalti di 10 besar Q3.

kualifikasi Grand Prix Australia hasil: Leclerc di pole dari Verstappen

Apa yang terjadi di Grand Prix Australia Q1?

Leclerc mengatur kecepatan awal pada 1m19.391s, yang dengan cepat dikalahkan oleh Sainz pada 1m19.179s. Leclerc merebut P1 kembali pada push lap keduanya dengan waktu 1m18.881 detik, dengan Verstappen naik ke urutan kedua, hanya tertinggal 0,044 detik.

Verstappen meraih P1 pada 1m18.580s pada percobaan ketiganya, seperempat detik di depan Perez dan Ferraris.

Nicholas Latifi dari

membawa bendera merah untuk Q1 kedua berturut-turut dengan dua menit tersisa, saat ia bertabrakan dengan sesama Kanada Lance Stroll (Aston Martin) dalam insiden aneh yang membuatnya berputar ke dinding.

Jatuh pada yang pertama rintangan adalah Alex Albon (Williams, yang memiliki penalti grid tiga tempat dan berhenti di trek di pangkuannya), Kevin Magnussen (Haas), Sebastian Vettel (yang Aston Martinnya diperbaiki setelah shunt besar di FP3), Latifi dan Stroll.

Hasil Q1 Grand Prix Australia: Verstappen tercepat dari Perez

Apa yang terjadi di Grand Prix Australia Q2?

Verstappen menetapkan standar pada 1m18.611s, yang dikalahkan oleh Perez pada 1m18.340s. Di pangkuannya, Verstappen tampak menghalangi Mercedes milik Lewis Hamilton, yang tidak diberitahukan bahwa dia berada di lap cepat, sementara pramugari akan menyelidiki apakah Perez cukup melambat untuk mendapat tanda kuning. Leclerc dan Verstappen.

Yang tersingkir pada saat ini adalah Pierre Gasly (AlphaTauri), Valtteri Bottas (Alfa Romeo), Yuki Tsunoda (AlphaTauri, yang mengalami cedera parah), Guanyu Zhou (Alfa Romeo) dan Mick Schumacher (Haas).

Australian Grand Hasil Prix Grand Prix Q2: Perez tercepat dari Sainz

Apa yang terjadi di Grand Prix Australia Q3?

Pada run pertama, Verstappen mencatat 1m18,399s sebelum Perez beredar 0,001s lebih cepat. Leclerc meraih P1 dengan 1m18.239s, tepat saat Fernando Alonso menggiring Alpine-nya di Tikungan 7, membenturkan sudut kiri depannya ke dinding dan menyalahkan hidroliknya karena tidak mampu menurunkan gigi. Lampu menyala merah tepat sebelum Sainz melewati garis.

Pada putaran terakhir, Perez meningkat menjadi 1m18.240, kali ini 0.001 detik dari waktu tercepat Leclerc.

Verstappen meraih pole dengan 1m18.154s tetapi Leclerc merebutnya kembali pada 1m17.868s. Sainz, sementara itu, mengalami sedikit kesulitan di Tikungan 6 dan tidak menyelesaikan satu putaran dengan jelas – artinya dia start dari posisi kesembilan.

Perez akan start ketiga, di depan Lando Norris (McLaren) dan pebalap Mercedes Lewis Hamilton dan George Russell. Pahlawan tuan rumah Daniel Ricciardo (McLaren) berada di urutan ketujuh dari Esteban Ocon (Alpine), Sainz dan Alonso.

Hasil Q3 Grand Prix Australia: Leclerc merebut pole

 

Disadur dari Motorsport.com.