Hasil latihan Grand Prix F1: Leclerc tercepat di GP Australia pada hari Jumat

F1 Grand Prix practice results: Leclerc fastest in Australian GP on Friday

sumber Gambar: motorsport.com

Sainz memimpin sesi latihan pembukaan di Albert Park sebelum rekan setimnya di Ferrari, Leclerc, berhasil melaju lebih cepat di FP2 untuk mengakhiri hari yang tercepat dari semuanya.

Red Bull muncul sebagai penantang terdekat Ferrari di kedua sesi latihan, dengan Max Verstappen memimpin untuk tim Austria.

Hasil FP1 Grand Prix Australia: Sainz tercepat dari Leclerc

Apa yang terjadi di Latihan Bebas GP Australia 1?

Verstappen menetapkan standar pada 1m21,625s, menjalankan ban lunak lebih awal, dan menurunkan waktunya menjadi 1m21.140s dan 1m20.909s sebagai trek mulai karet-in. Sepotong kemudian jatuh dari rekan setimnya Perez, Red Bull, menyebabkan bendera merah singkat setelah 21 menit.

Verstappen berlari lagi di soft, memangkas waktu tercepatnya menjadi 1m20.857s. Leclerc kemudian meraih posisi teratas dengan 1m20.825s.

Verstappen merebut kembali P1 pada 1m20.377s sebelum Leclerc dan Sainz meraih Ferrari 1-2, dengan Carlos di atas dengan 1m20.325s, hanya 0,052s di depan rekan setimnya. Sainz kemudian meningkatkan waktu P1 menjadi 1m19.806s, unggul lebih dari setengah detik, tetapi lolos dari momen besar saat keluar dari Tikungan 2 di menit-menit penutupan sesi.

Momen terbesar Leclerc datang di Tikungan 1 ketika dia mengunjungi kerikil setelah latihan peluncuran dari pitlane dan kemudian perjalanan lain di Tikungan 13 pada lap terakhirnya.

Perez mengambil posisi ketiga terlambat, setengah detik dari Sainz, dengan Verstappen keempat, dua persepuluh lagi di belakang, di depan Lando Norris (McLaren), Esteban Ocon (Alpine) dan Lewis Hamilton (Mercedes).

Kevin Magnussen mendapat jeda singkat di Tikungan 3 dengan Haas-nya tetapi terus berlanjut. Fernando Alonso mengalami putaran yang cepat, sementara hari pertama Sebastian Vettel kembali ke Aston Martin setelah diagnosis COVID-nya berakhir dengan kepulan asap yang menyebabkan bendera merah kedua.

Perjalanannya kembali ke pitlane dengan skuter tidak berjalan baik dengan FIA .

Hasil FP2 Grand Prix Australia: Leclerc tercepat dari Verstappen

Apa yang terjadi di Latihan Bebas GP Australia 2?

Sainz memimpin 1-2 untuk Ferrari di bagian pertama FP2, mengatur kecepatan awal dengan waktu 1m19.979s.

Sainz dan Leclerc mulai memperdagangkan posisi teratas di timesheets setelah beralih ke ban lunak 20 menit memasuki sesi, duo Ferrari menemukan perbaikan terus-menerus untuk menghindari pengejaran.

Setelah tanda 40 menit, Leclerc melihat sekilas kecepatan yang mendasari balapan. F1-75, mengelilingi sirkuit dalam 1m18.978s untuk menegaskan otoritasnya di puncak timesheets.

Verstappen berhasil memisahkan kedua Ferrari pada putaran ban lunak berikutnya, tetapi masih berakhir hampir y seperempat detik di belakang Leclerc setelah kehilangan sebagian besar waktu di sektor terakhir.

Sesi harus ditandai dengan bendera merah dengan lebih dari 10 menit tersisa setelah Lance Stroll kehilangan beberapa bodywork dari Aston Martin-nya setelah menabrak trotoar, tapi trek segera dibersihkan untuk memungkinkan semua pembalap menyelesaikan satu putaran terakhir.

Pada akhirnya, waktu Leclerc sebelumnya tidak bisa direbut, pemenang GP Bahrain mengakhiri latihan Jumat dengan nyaman di atas juara bertahan Verstappen dan rekan setimnya di Ferrari Sainz .

Alonso menyelesaikan posisi keempat yang mengesankan di Alpine, dengan Ocon mendukung kinerja rekan setimnya di urutan keenam – di belakang Red Bull kedua dari Perez.

Mercedes gagal menembus 10 besar, dengan Russell diklasifikasikan ke-11 dan Hamilton finis lebih jauh di belakang di urutan ke-13 .

Vettel menghabiskan seluruh FP2 di garasi saat kru Aston Martin bekerja untuk mengganti mesin Mercedes di bagian belakang mobilnya.

Disadur dari Motorsport.com.