Leclerc mempertahankan pole GP F1 Australia setelah lolos dalam waktu lap

Leclerc keeps Australian GP F1 pole after being cleared over in-lap time

sumber Gambar: motorsport.com

Leclerc, bersama dengan Zhou Guanyu dan Yuki Tsunoda, telah dipanggil oleh steward karena “dugaan pelanggaran Pasal 33.4” peraturan olahraga FIA tentang gagal mematuhi waktu minimum pada putaran kualifikasi, yang berpotensi berbahaya. untuk lalu lintas yang akan datang di hotlap.

Leclerc dan pelanggaran Zhou terjadi di Q1, sementara Tsunoda di Q2.

Dalam Q3, pembalap Monegasque itu mengambil pole hampir tiga persepuluh dari Max Verstappen Red Bull, menunggu potensi apa pun sanksi oleh stewards.

Tetapi FIA sekarang telah membersihkan Leclerc dari kesalahan apa pun setelah menerima penjelasannya atas putarannya yang lambat.

Pemimpin kejuaraan 2022 menjelaskan bahwa dia awalnya tidak berada di dalam putaran, melainkan pada putaran pendinginan untuk mendapatkan bannya siap untuk pamflet lain, latihan reguler dengan ban baru Pirelli untuk tahun 2022 18-inci.

Namun, Leclerc memutuskan di tengah putaran untuk masuk dan keluar dari jalannya untuk menghindari mobil yang lebih cepat,karenanya putarannya lebih lambat.

Dalam putusannya, pramugara menjelaskan bahwa mereka memutuskan untuk tidak mengambil tindakan lebih lanjut, daripada memberi Leclerc teguran biasa.

“LEC memulai putaran yang dimaksudkan sebagai putaran pendinginan, bukan putaran dalam putaran, yang tidak akan tunduk pada batasan waktu minimum peraturan,” kata pernyataan itu.

“Di tengah putaran, keputusan dibuat untuk masuk. Selama putaran ada lalu lintas yang padat dan LEC berusaha memastikan bahwa dia tidak menghalangi pembalap lain pada putaran push. Upaya ini secara signifikan memperlambat waktu putarannya. Akibatnya, waktu minimum dilanggar.

“Petugas menerima alasan pengemudi atas tindakannya; menemukan bahwa dia bertindak wajar dalam situasi tersebut; dan, oleh karena itu, tidak mengambil tindakan lebih lanjut.”

Pengemudi Alfa Romeo Zhou juga berpendapat bahwa dia gagal untuk tetap di bawah waktu minimum karena upayanya untuk menghindari lalu lintas dan juga dibersihkan.

Tsunoda, bagaimanapun, diberi teguran setelah pramugara menganggap bahwa pengemudi AlphaTauri tidak menghadapi lalu lintas signifikan yang secara masuk akal memperlambatnya.

Tsunoda kini telah mengumpulkan tiga teguran karena menghalangi pelanggaran pada tahun 2022. Pada musim sebelumnya, hal itu akan membuat pembalap Jepang tersebut otomatis mendapatkan penalti 10 posisi grid, tetapi untuk tahun 2022 batas telah dinaikkan dari tiga menjadi lima teguran.

Menurut FIA peraturan olahraga yang diperbarui, penalti hanya akan diberikan jika setidaknya empat dari pelanggaran tersebut terkait dengan mengemudi.

Disadur dari Motorsport.com.