Leclerc “tidak bisa melihat apa-apa” karena matahari di kualifikasi Melbourne

Alonso: Fight for Australian GP pole was on before Alpine hydraulics problem

sumber Gambar: motorsport.com

Leclerc terdengar meminta Ferrari untuk memberinya helm baru yang dilengkapi “visor tergelap yang Anda miliki” saat para pembalap berjuang untuk mendapatkan visibilitas saat sinar matahari sore yang keemasan memengaruhi kemampuan mereka untuk melihat. malam karena dua periode bendera merah yang panjang setelah kecelakaan antara Lance Stroll dan Nicholas Latifi di Q1 dan kemudian kecelakaan Q3 Fernando Alonso, sementara penghentian Alex Albon pasca-Q1 juga berarti start Q2 tertunda beberapa menit lebih lama dari yang direncanakan.

Lewis Hamilton dan Max Verstappen juga mengeluh tentang matahari yang membuat mereka kehilangan jarak pandang di akhir Q2, dengan Leclerc mengalahkan yang terakhir untuk merebut pole di Melbourne.

Leclerc mengatakan bahwa di Q2 “kami tidak bisa lihat apa-apa” karena matahari rendah, setelah itu ia dapat membuat perubahan visor yang diminta. Alifying press conference, menjawab: “Jujur, di Q2 lap pertama saya, saya mengambil banyak risiko di sana karena saya tidak tahu di mana batas treknya.

“Anda hanya menebak sedikit dan itu hanya dengan ritme akhir pekan Anda tahu lebih atau kurang dari yang Anda butuhkan untuk berbelok `di sini`.

“Tapi saya benar-benar tidak tahu di mana batas trek itu dan itu sangat rumit.

“Jadi kami memilih visor yang lebih gelap. Saya pikir putaran pertama di Q3 ada beberapa awan di sekitarnya, jadi itu sempurna.

“Dan kemudian untuk putaran terakhir di Q3, pengereman untuk Tikungan 1 masih sangat, sangat buruk [dengan visibilitas].

“Tapi saya tidak kami pikir kami bisa melakukan apa saja – bahkan dengan visor tergelap itu masih belum cukup dan akan membutuhkan kegelapan untuk sisa trek yang ada awan.

“Jadi, ini hanya kompromi yang harus kami temukan. Tapi itu sama untuk semua orang di akhir.

“Tapi itu pasti sangat rumit dan sektor terakhir juga pada lap Q3 terakhir saya kehilangan sedikit, tetapi hanya karena sangat sulit untuk melihat di mana saya berada.”

Sergio Perez, yang finis ketiga di belakang Leclerc dan Verstappen, menyatakan bahwa “hal terbesar” yang memengaruhi penampilannya di kualifikasi “adalah matahari”. cukup banyak.

“Pada lari Q3 pertama saya, saya benar-benar gelap dan tidak ada matahari, jadi saya kembali dan kemudian ada e banyak terkena sinar matahari. Tidak benar [dengan] pelindungnya.”

Disadur dari Motorsport.com.