Pembalap F1 mengakui kehilangan zona DRS menyakitkan menyalip di GP Australia

F1 drivers admit loss of DRS zone hurt overtaking in Australian GP

sumber Gambar: motorsport.com

Zona DRS, yang mencakup bagian trek yang melengkung dari Tikungan 8 ke Tikungan 9, telah dihapus oleh FIA dengan alasan keamanan hanya 20 menit sebelum sesi FP3 hari Sabtu.

Ini telah menjadi bahan perdebatan para pembalap malam sebelumnya ` briefing, dengan percakapan yang dipimpin oleh Fernando Alonso.

Sebelum FP3, direktur balapan Niels Wittich meminta pandangan tim tentang implikasi keselamatan zona tersebut. Lima mendukung gagasan untuk menghapusnya, dan lima menentang, dan Wittich memilih untuk menghapusnya.

Setelah balapan, Esteban Ocon, yang menghabiskan sebagian besar balapan di belakang mobil lain, menyarankan zona DRS tambahan bisa membantu.

Namun, dia mengakui bahwa pergerakan passing akan “berisiko” dengan DRS terbuka menuju Tikungan 9, yang merupakan argumen yang digunakan oleh rekan setimnya Alonso dalam briefing.

“Kami sangat dekat tetapi kami tidak bisa melewatinya,” kata pria Prancis itu ketika ditanya oleh Motorsport.com tentang dampak hilangnya zona DRS.

“Saya pikir kami mungkin kekurangan zona DRS keempat itu, agar adil. Maksud saya mungkin berbahaya untuk memilikinya, tetapi itu adalah tempat yang paling dekat dengan saya.

“Untuk bergerak dengan kecepatan tinggi seperti itu berisiko, dan saya setuju dengan keamanan bahwa itu baik untuk menghapusnya, tetapi mungkin itu yang kurang kami miliki hari ini untuk memiliki sedikit lebih banyak pertunjukan.”

Sergio Perez, yang terlibat dalam beberapa pertempuran dalam perjalanannya ke tempat kedua, mencatat: “Sayang sekali mereka mengambil DRS keluar karena saya pikir balapan bisa menjadi sedikit lebih baik dengan itu.”

Daniel Ricciardo juga setuju akan ada lebih banyak passing dengan zona ekstra.

“Saya akan mengatakan kami akan melakukan beberapa overtake di Tikungan 9 dengan DRS di sana,” kata pembalap Australia itu.

. “Saya melihat satu putaran ketika saya pikir Lando [Norris] berada di belakang Kevin [Magnussen] tidak lama setelah restart, dia cukup dekat dengan Tikungan 9. Saya pikir dengan DRS dia akan mendapatkannya, jadi mungkin ada sedikit lebih banyak yang ditawarkan dengan zona keempat itu.”

Ricciardo mengatakan bahwa, secara seimbang, perubahan pada trek rumahnya merupakan peningkatan.

“Saya pikir ini adalah langkah yang lebih baik tetapi saya tidak tahu sisanya balapan karena paruh kedua balapan saya cukup sepi, jadi rasanya mirip dengan tahun-tahun sebelumnya, “katanya.

“Saya yakin ada lebih banyak overtake, tetapi juga sebagai trek jalanan, hanya ada begitu banyak yang dapat diubah dan diubah, jadi Anda mencoba melakukan yang terbaik dengan apa yang Anda miliki.

“Ini adalah langkah ke arah yang benar, tetapi saya mungkin harus menonton balapan lagi untuk mengetahuinya. Mungkin sesederhana menambahkan zona keempat itu, itu semacam menyalakannya kembali.”

Magnussen membuat pengamatan yang menarik tentang bagaimana dia kehilangan downforce ketika tepat di belakang mobil lain.

“Saya punya satu di mana saya sangat dekat dengan Tikungan 9 dan tidak ada apa-apa, seperti tidak ada downforce,” kata orang Denmark itu.

“Jika Anda hanya seperti satu mobil di belakang, itu sangat bagus. Jika Anda tepat di belakangnya, itu jauh lebih buruk daripada mobil-mobil tua, tetapi jika Anda memiliki panjang sekitar satu mobil, itu jauh lebih baik, dan itu lebih baik untuk balap karena Anda dapat meluncurkan serangan sedikit lebih mudah .”

Ditanya apakah dia pernah mengalami itu sebelumnya dengan mobil Haas 2022, dia menambahkan: “Tidak seperti itu. Saya tepat di ekornya ke Tikungan 9 dan ketika saya mengerem saya hanya mengunci kedua ban dengan kecepatan tinggi, tidak normal.”

Disadur dari Motorsport.com.