Pramugari F1 menyarankan peninjauan protokol SC setelah Schumacher nyaris celaka

F1 stewards suggest SC protocols review after Schumacher near-miss

sumber Gambar: motorsport.com

Selama periode bendera kuning dalam lomba Albert Park, cuplikan onboard dari mobil Mick Schumacher menunjukkan pengemudi Haas berbelok dramatis ke kiri di pit lurus saat mencoba menghindari Yuki Tsunoda, yang mengerem di depannya.

The Pembalap Jepang itu pada gilirannya berusaha menghindari rekan setimnya di AlphaTauri, Pierre Gasly, yang berada di depan.

Schumacher sangat terkejut dengan celakanya sehingga dia berteriak “sapi suci” kepada timnya di radio.

Ketiga pria itu dipanggil untuk pramugari, yang meninjau insiden tersebut dan memutuskan bahwa tidak ada tindakan lebih lanjut yang harus diambil.

Mereka memutuskan bahwa itu terjadi karena pasang surut normal saat pengemudi mencoba mengatur suhu di ban dan rem mereka, dan tidak ada yang bersalah.

Tetapi pramugara juga mengeluarkan rekomendasi agar masalah tersebut dibahas lebih lanjut dalam pertemuan mendatang antara pembalap dan direktur balapan FIA. namun, jelas bahwa kecepatan dan kemampuan pengereman mobil F1, terutama saat mencoba mempertahankan suhu yang diperlukan pada ban dan rem, berada dalam ketegangan dengan jarak sepuluh mobil di belakang safety car yang secara tradisional ditentukan dalam peraturan.

“Ini perlu menjadi titik penekanan dalam pengarahan pengemudi di masa depan, untuk memastikan pengemudi secara kolektif setuju tentang cara terbaik untuk mengatasi tantangan ini sebelum insiden yang tidak menguntungkan terjadi.” diduga memaksa Fernando Alonso keluar jalur.

Mereka mencatat: “Setelah MAG melewati ALO di Tikungan 3, ALO berlari dan mencoba melakukan operan luar pada MAG melalui Tikungan 4.

“Mobil-mobil melewati Tikungan 4 pada dasarnya berdampingan tetapi di pintu keluar ALO keluar jalur.

“Para pembalap setuju bahwa ini adalah balapan yang sulit tanpa pelanggaran peraturan yang jelas. Para pelayan setuju dan tidak mengambil tindakan lebih lanjut.”

Disadur dari Motorsport.com.