Russell: Pace akan “jatuh dari tebing” mencoba melawan Perez

Russell: Pace would have "fallen off a cliff" trying to fight Perez

sumber Gambar: motorsport.com

Russell duduk di urutan kelima selama tugas pembukaan balapan di Albert Park sebelum pitting di bawah safety car untuk melompat ke posisi ketiga di depan pembalap Red Bull Perez dan rekan setimnya Lewis Hamilton.

Russell diinstruksikan dengan 20 lap tersisa untuk tidak melawan Perez untuk posisi ketiga tempat yang dia butuhkan untuk mengatur bannya sampai akhir balapan. Perez akhirnya menyalip selesai tiga lap kemudian.

Tapi setelah DNF terlambat Max Verstappen untuk Red Bull, Russell mampu merebut posisi ketiga setelah menjaga jarak dengan Hamilton yang mengejar melalui tahap penutupan.

Ini menandai yang pertama bagi Russell podium untuk Mercedes, dan datang setelah awal musim yang sulit bagi tim yang gagal menandingi Red Bull dan Ferrari untuk kecepatan.

“Anda harus berada di dalamnya untuk memenangkannya, dan memanfaatkan kemalangan orang lain, ” kata Russel. “Jelas kami mendapat sedikit keberuntungan hari ini mungkin dua kali, tetapi Anda tahu, kami menerimanya.

“Ada begitu banyak kerja keras yang dilakukan di pangkalan di Brackley dan Brixworth untuk mencoba membawa kami kembali ke depan, jadi untuk berdiri di podium itu istimewa.”

Russell mengakui bahwa “sulit kehilangan tempat podium” ketika menyerahkan tempat itu kepada Perez, tetapi menyetujui manfaat jangka panjang yang berarti tidak ada gunanya melakukan perlawanan.

“Saya ingin melakukannya semua yang saya bisa untuk menjaga mobil yang lebih cepat di belakang, tetapi pada akhirnya kami harus mengelola ban itu,” kata Russell.

“Ban kiri depan lebih buruk di tikungan terakhir, dan saya tidak bisa melewatinya.

“Saya benar-benar ingin mendorongnya lebih jauh, tetapi saya menyadari bahwa kami mungkin akan jatuh dari tebing jika saya melaju lebih cepat.

“Saya tahu Lewis tidak akan memudahkan saya. Dia tidak pernah menyerah, dan dia berusaha keras sampai akhir. Tapi saya pikir itu dikelola dengan baik dan saya selalu bisa menghindari deteksi DRS.

“Begitu Checo melewati, itu cukup jelajah.”

Mercedes telah berjuang dengan porpoising ekstrim pada mobil W13-nya sejauh musim ini, dan Russell mengatakan tim tersebut “jauh di belakang rival kami” di Australia, setelah menyelesaikan pole lap Charles Leclerc lebih dari satu detik untuk Ferrari pada hari Sabtu, tetapi menekankan bahwa mereka “tidak akan pernah menyerah”.

“Saya pikir itu akan memakan waktu sampai kita bisa melawan anak laki-laki berbaju merah dan biru ini, mereka terlihat sangat luar biasa saat ini,” kata Russell. “Tapi jika ada yang bisa, Mercedes bisa, jadi ayo kita lakukan.”

Disadur dari Motorsport.com.