Stroll memberikan penalti grid GP F1 Australia untuk kecelakaan Latifi Q1

Stroll handed Australian GP F1 grid penalty for Latifi Q1 crash

sumber Gambar: motorsport.com

Stroll dan Latifi jatuh menjelang akhir Q1 di Albert Park dalam pelarian antara Tikungan 5 dan Tikungan 6, memicu bendera merah.

Kedua pebalap sedang melakukan putaran pemanasan sebelum lari terakhir mereka dan telah bertukar posisi. Latifi berusaha untuk melewati Stroll dari dalam saat berlari ke Tikungan 6, hanya untuk pengemudi Aston Martin bergerak ke kanan dan mobil mereka bertabrakan.

Kedua pembalap dengan cepat saling menyalahkan melalui radio tim, dengan pramugari dengan cepat mengkonfirmasi akan ada investigasi setelah sesi.

Setelah sidang, pramugari menegaskan bahwa Stroll telah dianggap sebagai penyebab utama kecelakaan itu, dan akan menerima penalti tiga posisi grid untuk balapan hari Minggu.

Namun, ini tidak akan berdampak material apapun. dia diklasifikasikan terakhir di Q1.

Orang Kanada juga memiliki dua poin penalti yang ditambahkan ke lisensi super FIA-nya, membawanya hingga tujuh untuk periode 12 bulan.

Petugas menulis dalam buletin bahwa Stroll memiliki “kurangnya kesadaran situasional tentang Manuver operan Latifi” di bagian dalam menuju Tikungan 6, membuatnya menjadi penyebab utama tabrakan tersebut.

“Dia mencoba dan tiba-tiba melewati saya di bagian yang sangat canggung dari sirkuit,” kata Stroll setelah bentrokan.

“Sirkuit jatuh ke kanan lalu ke kiri di mana itu, dan saya pikir apa yang terjadi sangat canggung.

“Dia tiba-tiba mencoba datang dengan saya dan itu menyempit saat sirkuit jatuh ke kanan, dan kami melakukan kontak. Jadi ya, insiden yang cukup konyol.”

Latifi mengatakan bahwa “cukup jelas” menonton video siapa yang harus disalahkan. “Saya membiarkan dia lewat karena dia mendorong untuk membuka lap, atau begitulah saya diberitahu,” katanya.

“Dan kemudian saya melihat dia membatalkan lap, jadi saya ingin melanjutkan lap dengan persiapan saya sendiri. Jadi aku kembali olehnya. Ada celah besar, dan begitu aku berhasil melewatinya, untuk alasan apa pun dia memutuskan untuk berbelok. Jelas bagi saya di video.”

Disadur dari Motorsport.com.