Vettel didenda karena tamasya skuter GP FP1 Australia

Vettel fined for Australian GP FP1 scooter excursion

sumber Gambar: motorsport.com

Dengan 15 menit tersisa dalam latihan bebas pertama, Vettel mengalami kehilangan tenaga, memaksanya untuk menarik mobil AMR22-nya di sisi trek pada Tikungan 10.

Setelah bendera kotak-kotak, Vettel menggunakan skuter marshal untuk membuatnya jalan kembali ke pitlane, berlari di sektor terakhir trek.

FIA segera meluncurkan penyelidikan karena Vettel dianggap telah masuk kembali ke trek dalam waktu lima menit dari akhir sesi tanpa izin.

Pada Jumat malam, pengawas menyerahkan Jerman denda 5.000 euro untuk petualangan berbasis skuternya.

Vettel mengatakan dia telah menerima izin dari marshal untuk menggunakan skuter untuk memasuki sirkuit, tetapi pengawas menganggap bahwa baik dia maupun marshal tidak menerima persetujuan dari kontrol balapan untuk menggunakan sirkuit itu sendiri daripada jalan perimeter biasa.

Itu berarti juara dunia empat kali itu melanggar Pasal 26.7 peraturan olahraga F1, yang akan dikenakan denda 5.000 euro.

Pernyataan FIA berbunyi: ” Di akhir sesi, VET mencari cara untuk kembali ke pitnya. Seorang marshal berada di lokasi dengan skuter. VET bertanya apakah dia bisa mengendarai skuter untuk kembali ke pitnya. Marsekal setuju. VET naik skuter, mengharapkan marshal untuk naik di belakangnya.

“Ketika dia tidak naik, VET berangkat sendiri ke pit, tanpa persetujuan sebelumnya untuk melakukannya. Sementara itu, marshal mencoba menghubungi Race Control untuk instruksi.

“Dalam mengemudi di trek ke pitnya, alih-alih rute yang ditentukan, VET melanggar Pasal 26.7 Peraturan Olahraga Formula Satu, yang melarang siapa pun berada di trek dalam periode lima menit setelah akhir balapan. sesi, dengan pengecualian personel yang diidentifikasi secara khusus, yang tidak membuat ketentuan bagi pengemudi untuk memiliki akses tersebut kecuali diizinkan secara khusus.”

Vettel, yang membuat penampilan grand prix 2022 pertamanya setelah absen pada dua balapan pertama musim ini karena COVID-19 , mengambil kesempatan untuk menyapa para penggemar dengan skuternya yang santai kembali ke paddock.

Setelah menempati posisi ke-13 di FP1, Vettel tidak ambil bagian dalam latihan bebas kedua, Aston Martin memutuskan untuk menukar mesin Mercedes-nya setelah itu.

Disadur dari Motorsport.com.