Vettel menghadapi penyelidikan untuk pengendaraan sepeda motor setelah FP1 Australia

Vettel face investigation for moped track ride after Australia FP1

sumber Gambar: motorsport.com

Setelah melewatkan dua balapan pertama musim 2022 karena hasil positif COVID-19, Vettel membuat penampilan grand prix akhir pekan pertamanya tahun ini di FP1 di Albert Park pada Jumat sore.

Sesi berakhir prematur untuk empat- juara dunia waktu itu setelah dia melaporkan kehilangan tenaga, menyebabkan dia parkir di sisi trek di Tikungan 10 dengan 15 menit tersisa.

Asap terlihat keluar dari bagian belakang mobil, mendorong Vettel untuk segera menggunakan alat pemadam kebakaran dari pos marshal terdekat di bawah bendera merah.

Setelah semua mobil menyelesaikan putaran mereka dan kembali ke pit lane setelah bendera kotak-kotak, Vettel terlihat berkeliling trek dengan moped untuk kembali ke paddock.

Keempat kali juara dunia melambai kepada para penggemar saat dia berkeliling, dan mengenakan helm F1 di atas kepalanya. Dia juga sejenak melepaskan kedua tangannya dari setang moped.

Tapi segera setelah Vettel kembali, race control mengumumkan bahwa Vettel sedang diselidiki karena memasuki trek tanpa izin.

Ini menempatkan Vettel pada risiko hukuman dari FIA, dengan sidang di race control dengan steward kemungkinan akan dilakukan menjelang latihan kedua malam ini di Melbourne.

 

Pasal 26.7 peraturan olahraga F1 – yang termasuk dalam ‘keselamatan umum’ – menyatakan bahwa dalam lima menit setelah setiap sesi latihan, tidak ada yang diperbolehkan di trek, saat masuk pit atau keluar pit kecuali:

– Marsekal atau personel lain yang berwenang dalam melaksanakan tugasnya.

– Pengemudi saat mengemudi atau berjalan kaki, setelah terlebih dahulu mendapat izin untuk melakukannya dari marshal.

– Tim personel saat mendorong mobil atau membersihkan peralatan dari grid setelah semua mobil mampu melakukannya meninggalkan grid pada putaran formasi.

– Personel tim saat membantu mar harus mengeluarkan mobil dari grid setelah dimulainya sesi sprint atau balapan.

Disadur dari Motorsport.com.