Inilah Nama-nama Selebritis Yang dimanfaatkan Penyebar Virus/Trojan

Perusahaan keamanan internet McAfee membuat daftar “Selebriti Paling Berbahaya”. Tahun ini, McAfee menempatkan supermodel Heidi Klum sebagai juara.

Seperti dikutip dari laman CNN, peringkat ini didasarkan pada kemungkinan spam, pencurian, dan kejahatan internet lain, yang menggunakan nama selebriti. Modus ini dilakukan untuk mengelabui orang untuk mengklik suatu situs dengan ‘meminjam’ nama selebriti. Padahal, di balik nama selebriti itu terdapat virus lokal dan malware.

“Sekarang sedikit aman daripada tahun lalu, pencarian selebritis top memang menyebabkan resiko,” kata Direktur Riset Keamanan Website McAfee, Paul Greve.

”Konsumen semestinya sadar bahwa sebagian konten malware bersembunyi dalam tempat-tempat kecil, seperti penyingkat URL yang dapat  menyebarkan secara viral melalui jejaring sosial, email, dan pesan teks dari teman anda,” lanjut Paul.

Heidi Klum yang pernah menjadi model pakaian Victoria’s Secret ini menggantikan Cameron Diaz sebagai selebriti paling berbahaya. Menurut McAfee, pencarian nama Klum berpotensi 10 persen mengarah ke sebuah link situs malware.

Cameron Diaz sendiri berada di peringkat kedua tahun ini. Posisi ketiga ditempati oleh pembawa acara CNN Piers Morgan.

Adanya Piers Morgan di peringkat ketiga terbilang sebuah kejutan. Apalagi Morgan berada di antara nama model dan aktris, dan merupakan selebriti laki-laki selain Brad Pitt. Morgan bahkan mengalahkan Brat Pitt.

Brad Pitt sendiri menempati peringkat 10, di peringkat yang sama dengan Emma Stone dan Rachel McAdams.

Adapun nama lain yang masuk sebagai “Selebriti Paling Berbahaya” versi McAfee adalah Jessica Biel, Katherine Heigl, Mila Kunis, Anna Paquin, Scarlett Johansson dan model Victoria’s Secret, Andriana Lima.

Masih menurut McAfee, bintang olahraga dan penyanyi tergolong lebih aman daripada aktor dan model. Bintang Tenis, Maria Sharapova dan Andi Roddick yang berada pada posisi 13 dan 14 pada tahun lalu, kini berada di posisi 44 dan 56 tahun ini.

Penyanyi Justin Bieber berada pada peringkat 49, sedangkan Lady Gaga ada di peringkat 58.

via VivaNews

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: