ITPRO: BlackBerry PlayBook Rentan di Hack

CALIFORNIA – Hacker mengklaim, mereka berhasil men-jailbreak tablet besutan RIM, PlayBook. Kerentanan pada perangkat tersebut telah dimanfaatkan oleh tiga orang hacker untuk mendapatkan akses root ke perangkat.

Klaim hacker ini tentu saja juga berhasil merusak reputasi perusahaan tersebut yang telah susah payah menjaga keamanan.

Akses root ini berarti pegguna memiliki izin untuk mengubah file atau program pada perangkat dan dapat mengontrol fungsi perangkat keras.

Dilansir ITPRO, Jumat (2/12/11), RIM saat ini sedang menyelidiki klaim tersebut, dan jika ‘jailbreak’ telah jelas maka akan merilis sebuah patch untuk mengatasinya.

Tiga hacker ini mengidentifikasi diri mereka sebagai xpvqs, neuralic dan Chris Wade. Mereka berencana merilis data dalam sepekan yang disebut dengan DingleBerry.

PlayBook menjalankan sistem operasi yang berbeda dengan smartphone BlackBerry saat ini. Namun, sistem QNX akan dimasukkan ke dalam smartphone BlackBerry di tahun depan.

Klaim hacker tersebut seperti membalikkan keadaaan yang berbeda, karena PlayBook pada bulan Juli menjadi perangkat tablet pertama yang memenangkan sertifikasi keamanan, yang disetujui untuk digunakan pemerintah Amerika Serikat.

Dalam sebuah video yang diposting ke YouTube, Wade menunjukkan alat DingleBerry serta memungkinkan PlayBook untuk mengakses layanan video internet Hulu, yang saat ini tidak tersedia pada tablet RIM tersebut.

Hulu merupakan sebuah layanan dari NBC Universal, Fox dan ABC yang memblok semua browser mobile secara default dan belum menawarkan sebuah aplikasi untuk PlayBook.

Video kedua dari Neuralic yang mengetik perintah ke dalam komputer untuk menghidupkan dan mematikan indikator LED di PlayBook

Sumber: OkeZone

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: