14 Juta Sample Malware Tahun 2011

Aegislab, sebuah firma keamanan komputer dan penelitian malware baru saja merilis hasil penelitiannya tentang malware tahun 2011. Salah satu poin penting yang jadi perhatian adalah sejumlah statistik yang mereka catat dan olah.

Secara umum, Aegislab mencatat bahwa pada tahun 2011 terjadi kenaikan jumlah malware yang luar biasa. Lebih dari 14 Juta sample malware terdeteksi pada tahun 2011 yang lalu diseluruh dunia. Dari 14 juta tersebut 65% merupakan trojan. Kemudian 11% diantaranya adalah packed malware sekitar 1,5 juta sample dan biasa menyebar di situs-situs underground dan dewasa.

Backdoor pada tahun 2011 tercatat 5% dari jumlah sample sedunia, kemudian sisanya diisi oleh kelompok sample worm, virus, adware, hoaxes, exploit, rootkit dan hack tools.

Selain merilis jumlah tersebut, Aegislab juga merilis bahwa untuk URL malicious/berbahaya pada tahun 2011 sejumlah 163.769 domain baru, dimana 38% diantaranya adalah website-website yang berorientasi pada download file dan penjanjian-penjanjian barang/lowongan. Sementara negara asal dari URL-URL tersebut berasal dari Amerika serikat, Korea selatan, china, virgin island, republik ceko, russia, jerman, kanada, brazil dan ukraina.

via Softpedia

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: