Sejumlah Server Siap On Lagi di IDC

Jakarta, Setelah mengalami pemadaman listrik akibat salah satu unit UPS-nya meledak, pihak Indonesia Data Center (IDC) memastikan bahwa saat ini jaringan listrik di gedung mereka sudah seluruhnya menyala.

“Pasokan listrik sudah kita alirkan ke masing-masing rak. Apakah server yang sebelumnya sempat mati sudah dinyalakan atau tidak, itu dikembalikan lagi ke pemilik raknya,” jelas chairman IDC Johar Alam Senin (13/8/2012).

Ia menambahkan, server yang sebelumnya mati tersebut tidak seluruhnya otomatis menyala setelah dialiri listrik. Sebab harus ada sejumlah konfigurasi dan dihidupkan secara manual.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, salah satu UPS di gedung IDC Duren Tiga Jakarta Selatan dilaporkan meledak. Akibatnya, pasokan listrik terputus sehingga turut mematikan server-server yang bernaung di gedung tersebut.

IDC di Duren Tiga sendiri memiliki daya tampung 600 rak server. Namun saat ini baru dibangun 350 rak, dimana hampir seluruhnya sudah terisi.

“Dengan sudah lancarnya pasokan listrik ini maka secara teknis sistem yang berjalan sudah seperti sedia kala. Karena sebelum kejadian kita sudah menyiapkan UPS cadangan,” lanjut Johar.

“Tapi ya itu, tinggal admin dari masing-masing server, mau langsung dinyalakan atau tidak servernya,” pungkasnya. Sumber: detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: