Sistem Informasi Universitas of South Carolina dihack, 34.000 data dicuri!

CAROLINA – Sekitar 34000 data nama, alamat, nomor identitas dari para peneliti, karyawan, dan mahasiswa dari University of South Carolina dikabarkan disebarkan secara luas oleh sekelompok hacker yang berhasil memasuki sistem IT USC. Data tersebut kira-kira dikumpulkan sejak tahun 2005 yang lalu.

Dikutip dari The State, pihak Universitas sudah mewanti-wanti untuk semua peneliti, karyawan dan mahasiswa yang berpotensi menjadi korban untuk segera waspada jika ada penipuan karena pencurian dan penyalahgunaan informasi yang diambil tersebut.

Pihak USC sendiri sudah mengambil tindakan lanjutan dari aksi yang berlangsung dimulai sekitar Juni yang lalu ini. Setiap hari, server-server USC mendapatkan rata-rata 280 serangan cyber tiap hari. Sungguh kerja keras bagi Tim IT USC untuk membenahi seluruh infrastruktur dan sistem dari serangan yang cukup masiv tiap hari itu.

Seingat saya, tahun 2006 yang lalu, USC juga dihack dan sekitar 81.000 data dicuri. Sekitar 1.400an orang menjadi korban penipuan darinya. Kalau USC saja yang saat ini peringkat 216 dunia (oleh Webometrics), kami yang ada di Unnes harus berhati-hati!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: