Situs Pengganti Megaupload Sudah Mulai Online!

New Zealand – Kimdotcom, pendiri Megaupload, memang berjanji akan meluncurkan situs baru pengganti Megaupload yang telah diberangus. Situs berbagi file anyar itu pun kini sudah bisa dikunjungi.

Saat disambangi, situs bernama mega.co.nz itu menjanjikan media penyimpanan yang lebih baik dari terdahulunya. Bigger, Better, Faster, Stronger, Safer. Demikian yang tertulis di halaman utama situs tersebut, Senin (10/12/2012).

Setiap pengguna situs tersebut dijanjikan memiliki ruang simpan virtual yang memudahkan untuk mengupload dan download file berukuran besar. Setiap file yang dimasukan juga terlebih dahulu melewati proses enkripsi 2048-bit.

Tak banyak yang bisa diungkapkan melalui situs yang dihosting di New Zealand tersebut, namun Kimdotcom menjajikan bahwa pada 19 Januari 2013, mega.co.nz akan menjadi situs berbagi file yang mengubah dunia.

Kenapa di Enkripsi 2048-bit?

Ya, setiap data yang diupload pada situs Mega akan secara otomatis melewati proses enkripsi dengan algoritma RSA hingga 2.048 bit. Ini berarti hanya para pengguna yang mengetahui file tersebut bersifat legal, atau ilegal.

Nah, cara inilah yang akan menghindari Mega dari tuntutan hukum. Paling tidak jika berkaca dari aturan DMCA Safe Harbor yang menyebutkan bahwa, isi konten adalah menjadi tanggung jawab pemilik (pengupload) bukan situs tempat file tersebut berada.

Hal ini pun kian diperkuat karena secara teknis Mega tidak mengetahui file yang diupload pengguna. Seperti yang dikutip dari Examiner, Senin (10/12/2012).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: