Virus Multiplatform Berbasis Python Serang Windows & Mac

Jakarta – Baru saja pengguna Mac dihebohkan dengan munculnya virus Flashback, kini ada lagi program jahat yang juga dirancang untuk menyerang Windows.

Menurut pelesuran vendor keamanan Sophos, virus tersebut dibuat menggunakan bahasa pemrograman Python dan menyerang dengan memanfaatkan celah yang ada pada Java. Baik itu versi Windows atau juga milik Mac besutan Apple.

Jika sudah berhasil menyusup, virus yang terdeteksi sebagaiMal/20113544-A danMal/JavaCmC-A itu pun akan mengunduh file-file yang dibutuhkan untuk melancarkan aksinya. Filenya pun berbeda, tergantung dari sistem operasi yang dipakai korbannya.

Pada Windows virus tersebut akan mengunduh file bernama Troj/FlsplyBD-A, sedangkan pada Mac install_flash_player.py. Dan ketika seluruh file tersebut terunduh maka virus akan mulai melancarkan aksinya.

Seperti dikutip detikINET dari Sophos, Sabtu (28/4/2012), untuk menghindari ini pengguna Windows disarankan untuk mengupdate aplikasi antivirus yang digunakan. Sedangkan pengguna Mac bisa menghapusnya dengan mudah.

Anda hanya perlu mencari file virus tersebut di folder /Users/Shared/, kemudian temukan file bernamaupdate.sh dan update.pyNah kedua file virus itu bisa langsung segera dihapus.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: