Jepang Resmi Buka Klinik Rehabilitasi Pecandu Internet

Jakarta – Tak hanya narkoba saja yang bikin orang kecanduan dan perlu direhabilitasi, begitu pula internet. Di Jepang, kasus kecanduan internet dilaporkan makin parah hingga memerlukan program rehabilitasi.

Diketahui bahwa dari 100.000 pelajar yang disurvei oleh Nihon University, sekitar 8% di antaranya mengidap kecanduan internet. Untuk alasan inilah akhirnya pemerintah Jepang berencana membuat sebuah kamp rehabilitasi.

Di perkemahan yang akan dibangun oleh Kementerian Pendidikan Jepang ini, pelajar akan dijauhkan dari piranti yang terkoneksi dengan internet, terutama ponsel. Perkemahan alias kamp yang dimaksud memang ditujukan untuk mereka yang akut kecanduan internet.

“Kami memperkirakan ini akan berdampak pada sekitar 518.000 pelajar di sekolah menengah dan tinggi di Jepang,” ujar Akifumi Sekine, perwakilan dari kementerian tersebut. Angka itu diyakini akan meningkat seiring lebih banyak kasus lagi yang bakal dijumpai.

Program rehabilitasi ini, seperti dikutip dari TokyoTimes, Senin (9/12/2013), akan meliputi pusat pelatihan outdoor. Di sini, partisipan didorong untuk berinteraksi melalui olaharaga dan permainan-permainan. Disediakan pula psikiater dan psikoterapis klinis jika pelajar membutuhkan penyuluhan.

Adapun kamp semacam ini bukan pertama kalinya ada. China dan Amerika Serikat telah memiliki kamp serupa. Korea Selatan yang 98% rumah tangganya memiliki broadband internet di tahun 2012, pun sudah memiliki program bagi mereka pecandu internet.

Sumber: detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: