Lebih Dari 1000 Malware Ancam Android Per Hari

Jakarta – Harus diakui, Android memang sukses merajai dominasi smartphone dunia saat ini. Namun di balik kesuksesannya, sistem operasi mobile garapan Google ini justru jadi incaran favorit para dedemit maya untuk menebar ancamannya.

Hasil riset FortiGuard bahkan mengungkap 1000 malware siap mengincar perangkat Android setiap harinya. Sementara total seluruh ancaman bagi Android kini dilaporkan telah mencapai 150 ribu kerentanan, dimana 300 di antaranya merupakan jenis malware.

Kembali ke hasil risetnya, FortiGuard juga mengemukakan bahwa banyak pengguna Android yang justru tidak menyadari bila perangkatnya telah terinfeksi malware. Pada banyak kasus, malware kerap membuat biaya tagihan data penggunanya membengkak akibat aktivitas yang dilakukannya.

Sementara itu, faktor wilayah ternyata juga mempengaruhi penyebaran malware. Wilayah dengan tingkat bisnis tinggi kemungkinan besar yang paling diincar. Selain itu, perbedaan bahasa ternyata juga mempengaruhi penyebaran malware yang menjadi lebih spesifik.

Sebagai contoh, baru-baru ini FortiGuard mendeteksi keberadaan ancaman malware Android/Smsilence.A!tr.spy yang menyerang pengguna di Jepang dan Korea sebagai korbannya. Dengan perbedaan bahasa, tentunya pengguna di AS atau Eropa, dapat dipastikan tak akan terancam serangan tersebut. Sumber: detikINET

%d bloggers like this: