NSA Juga Mata-matai Komunitas Gamers

London – Ternyata, aksi sadap yang diduga dilakukan oleh NSA, tak hanya mengincar lalu-lintas komunikasi telepon dan internet saja. Komunitas gamer pun diduga kuat juga jadi incaran aksi spionase oleh badan intelijen AS tersebut.

Diungkap oleh Guardian, komunitas game online World of Warcraft (WoW) disebut-sebut ikut menjadi target spionase. Untuk memuluskan rencananya, NSA dilaporkan menempatkan sejumlah agennya dalam komunitas WoW guna mengenali perilaku gamer yang dicurigai.

Jutaan gamer pengakses WoW yang saling berkomunikasi menggunakan voice-headset ataupun webcam pun dikatakan terancam privasinya akibat aktivitas ini. Parahnya, aksi mata-mata ini ternyata tidak hanya dilakukan NSA pada komunitas game online WoW, tetapi juga Xbox Live dan juga Second Life.

Hal yang juga cukup mengejutkan adalah ternyata NSA tidak sendirian melakukan hal ini, karena seperti dikutip dari Gizmodo, Senin (9/12/2013), dikatakan GCHQ yang merupakan salah satu badan intelejen Inggris yang juga sebagai sister-agency NSA ternyata mendukung penuh operasi tersebut.

Sumber: detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: