Presiden Perancis Kecam Perilaku Penyadapan Sejumlah Tokoh Oleh AS!

Prancis – Presiden Prancis Francois Hollande mengecam spionase yang dilakukan Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat, NSA terhadap warga negara Prancis. Kecaman ini disampaikan terkait pemberitaan surat kabar Prancis yang mengungkapkan bahwa NSA telah menyadap jutaan panggilan telepon yang dilakukan di Prancis.

Kantor Hollande menyatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (22/10/2013), pemimpin Prancis itu menyampaikan kecaman mendalam atas praktik yang tak bisa diterima ini. Disebutkan bahwa hal itu telah melanggar privasi warga negara Prancis.

Hollande pun meminta adanya penjelasan mengenai hal tersebut. Hal tersebut disampaikan Hollande dalam percakapan telepon dengan Presiden AS Barack Obama pada Senin, 21 Oktober waktu setempat.

Dalam percakapan telepon tersebut, kedua pemimpin setuju untuk bekerja sama guna menyelidiki fakta-fakta dan seberapa luas aktivitas spionase tersebut. Keduanya juga menekankan bahwa operasi spionase seharusnya masuk dalam kerangka kerja bilateral.

Menurut harian Prancis, Le Monde, NSA telah merekam 70,3 juta panggilan telepon di Prancis selama periode 30 hari antara 10 Desember dan 8 Januari tahun ini. Le Monde menyampaikan hal ini berdasarkan dokumen-dokumen dari pembocor intelijen AS, Edward Snowden.

Menurut media Prancis itu, NSA secara otomatis menyadap komunikasi nomor-nomor telepon tertentu di Prancis dan merekam pesan-pesan SMS sesuai program yang diberi kode “US-985D.” Mereka yang disadap bukan hanya orang-orang yang diduga terlibat terorisme namun juga orang-orang terkenal dari dunia bisnis atau politik.

Artikel harian Prancis ini muncul setelah pemberitaan serupa oleh mingguan Jerman, Der Spiegel bahwa agen-agen AS telah meretas email mantan Presiden Meksiko Felipe Calderon.

Otoritas Meksiko telah menyatakan akan meminta penjelasan secepat mungkin dari pejabat-pejabat AS mengenai hal itu. Sumber: detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: