BlackPhone, Smartphone Anti Sadap Mulai di Jual

CHINA – Masih ingat dengan proyek smartphone Android anti sadap? Blackphone, smartphone Android yang diklaim super aman tersebut telah dikembangkan semenjak akhir 2013. Kini, smartphone tersebut siap dipasarkan.

Blackphone yang dikembangkan oleh perusahaan spesialis keamanan komunikasi Swiss, Silent Circle, dikabarkan BGR (30/6/2014) sudah siap dipasarkan. Smartphone anti sadap tersebut dijual dengan harga 630 Dollar AS tanpa kontrak.

Silent Circle dalam pengembangannya menggandeng pabrikan hardware asal Spanyol, Geeksphone. Keduanya telah memulai proyek smartphone Android anti sadap tersebut sejak tahun lalu setelah beredar isu penyadapan yang dilakukan oleh NSA.

Fitur-fitur dalam Blackphone yang menjadikannya berbeda dari smartphone Android lain adalah kemampuan perangkat untuk meng-enkripsi panggilan telepon, video call, serta SMS yang memiliki sisipan (attachments).

Selain itu, terdapat juga fitur keamanan yang mencegah hotspot WiFi menarik informasi dari pengguna Blackphone, seperti informasi browser history, lokasi, dan informasi lain. BlackPhone juga memiliki layanan cloud yang aman melalui SpiderOak.

Dari segi spesifikasi, Blackphone adalah smartphone Android dengan layar 4,7 inci, resolusi 720p. Prosesornya didukung oleh Tegra 4i quad-core 2 GHz, RAM 1 GB, dan penyimpanan internal 16 GB.

Terdapat slot kartu microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan. Kamera yang dipasangkan dalam Blackphone memiliki resolusi 8 megapixel.

Saat ini, Silent Circle dan Geeksphone mengaku stok Blackphone telah habis terjual. Mereka akan mulai menjual Blackphone kembali pada tanggal 14 Juli 2014 melalui web store-nya (www.blackphone_ch). Sumber: Kompas

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: