Inikah Satoshi Nakamoto Pendiri Bitcoin itu?

Jurnalis Newsweek, Leah McGrath Goodman yang membuat laporan tersebut mengaku telah melakukan riset dengan mewawancarai para developer yang bekerja bersama Nakamoto di masa-masa awal dibentuknya Bitcoin.

Selain itu, Goodman juga mengaku telah melakukan riset kependudukan, analis forensik, dan bahkan berbicara dengan keluarga Nakamoto langsung.

Walau pada awalnya keluarga Nakamoto tidak percaya, namun deskripsi dan cerita Goodman sesuai dengan karakter Satoshi Nakamoto yang dimaksud, yaitu pendiri Bitcoin.

Nakamoto dikenal sebagai sosok yang pintar dan nampaknya memiliki keahlian yang sesuai sebagai ahli kriptografi. Ia adalah seorang sarjana Fisika lulusan Califronia State Polythecnic University. Ia juga diketahui bekerja di bidang keamanan dan komunikasi untuk lembaga Federal Aviation Administration (FAA).

Nakamoto sendiri memilih untuk bungkam dan berupaya kabur saat mengetahui ada jurnalis yang ingin mewawancarainya. Kepada Goodman, Nakamoto hanya berujar, “Saya tak lagi terlibat di dalamnya (Bitcoin), dan saya tak ingin membahasnya.”

Selain itu, Nakamoto juga mengatakan bahwa urusan Bitcoin sudah diserahkan ke orang lain, dan dirinya sudah tidak memiliki hubungan apa-apa.

Nakamoto seperti pernah ditulis KompasTekno sebelumnya memilih untuk meninggalkan Bitcoin. Pada April 2011, kepada rekan-rekannya di Bitcoin, Nakamoto pun mengirim pesan bahwa ia “telah pindah mengerjakan hal-hal lain.”

Sejak saat itu, nama Nakamoto menghilang dan tidak terlacak. Upaya untuk menghubunginya yang dilakukan oleh para penggiat Bitcoin pun tak menuai hasil.

Kontroversial

Kini, laporan dari Newsweek tersebut menuai banyak kontroversi, terutama di dalam komunitas Bitcoin sendiri, terlebih saat foto Nakamoto, rumah, dan alamatnya dipublikasikan Newsweek (belakangan diturunkan). Publikasi tersebut dianggap melanggar privasi Nakamoto.

Satoshi Nakamoto yang ditemui Newsweek memang belum dipastikan sepenuhnya sebagai pendiri Bitcoin, walau petunjuk-petunjuk yang diungkap kuat mengarah ke sana. Dikutip dari BBC (6/3/2014), komunitas Bitcoin juga mempertanyakan metode yang digunakan Newsweek dalam melacak identitas Nakamoto.

Di forum Bitcoin dan media sosial, para penggiat Bitcoin mengungkapkan keraguannya tentang laporan Goodman. Laporan tersebut dianggap palsu oleh beberapa komentator di forum Bitcoin Talk. Mereka juga meminta bukti transaksi Bitcoin yang dimiliki Nakamoto, jika benar bahwa pria yang dimaksud Goodman adalah pendiri Bitcoin.

Bitcoin muncul di tahun 2008 saat Nakamoto mengungkapkan idenya di media online tentang mata uang digital. Jenis mata uang ini kemudian mendapat banyak perhatian pada 2013, sehingga nilainya menguat. Pada pertengahan Desember 2013, satu Bitcoin berada pada kisaran 710 dollar AS.

Namun belakangan, mata uang ini mengalami keterpurukan seiring dengan masalah kebangkrutan di beberapa bursa Bitcoin besar di dunia. Sumber: Kompas.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: