Utamakan Industri Lokal, China Batasi Penjualan Antivirus Kaspersky & Symantec

Pemerintah Tiongkok minggu ini dikabarkan memutus kerjasama bisnisnya dengan dua firma keamanan ternama, Kaspersky dan Symantec.

Berdasarkan laporan The Inquirer, nama kedua perusahaan yang “ditendang” tersebut dimasukkan ke dalam daftar hitam pemerintah Tiongkok sebagai bagian dari upaya mengurangi ketergantungan teknologi dari pihak asing.

“Badan pengadaan pemerintah telah mengeluarkan Symantec dan Kaspersky dari daftar penyedia software keamanan. Lima perusahaan yang tersisa semuanya berasal dari Tiongkok,” kicau media lokal, China People’s Daily, dalam sebuah tweet.

Sesuai kicauan tersebut, kini software keamanan untuk pemerintah Tiongkok dipasok oleh sepenuhnya oleh lima perusahaan dalam negeri, yaitu Qihoo 360, Venustech, CAJinchen, Beijing Jiangmin, dan Rising.

Tiongkok mulai mempertimbangkan ulang kerjasama teknologi dengan vendor asing ketika informasi rahasia soal penyadapan yang dilakukan pemerintah AS di seluruh dunia mengemuka lewat laporan Edward Snowden.

Semenjak itu, Tiongkok dan AS saling menuding satu sama lain telah melakukan kegiatan mata-mata. Hubungan kedua negara tersebut mendingin.

Seorang juru bicara Kaspersky yang berbasis di Rusia mengatakan bahwa pihaknya sedang berdiskusi dengan otoritas Tiongkok mengenai masalah ini, Sementara, Symantec mengatakan bahwa produk-produknya tidak dilarang beredar di Tiongkok.

“Daftar (penyedia software sekuriti yang dibolehkan pemerintah) ini hanya berlaku untuk jenis-jenis penyediaan tertentu dan produk Symantec tidak dicekal di Tiongkok. Kami sedang menyelidiki laporan tersebut dan akan tetap mengajukan tender proyek pemerintah,” kata seorang representatif Symantec.

via KompasTEKNO

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: