Apple & Google Sepakat Protes Terkait Kebijakan Enkripsi Smartphone Mereka

Dikabarkan oleh sejumlah situs tekno bahwa Google dan Apple baru saja bersepakat melakukan protes tertulis kepada pemerintah Amerika Serikat terkait kebijakan enkripsi yang diterapkan pada smartphone yang diproduksi mereka.

Hal ini adalah sebagai bagian dari reaksi dari beberapa aksi para legislator di Kongres dan Parlemen Amerika Serikat yang mencoba kembali membuat undang-undang yang memberikan kewenangan pada pihak berwenang untuk membuka smartphone yang sudah terenkripsi.

Adalah Presiden Obama yang menjadi salah satu sasaran dari protes Google dan Apple itu. “Kami meminta Gedung Putih fokus mengembangkan kebijakan yang mendukung, ketimbang merusak teknologi enkripsi yang sudah diadopsi secara luas. Kebijakan semacam ini akan lebih mendukung dan melindungi keamanan cyber, petumbuhan ekonomi dan hak asasi manusia baik di sini maupun di negara lain,” tulis mereka.

Seperti kita tahu, kasus seperti ini mulai marak sejak tahun 2013 setelah mantan agen intelijen NSA, Edwar Snowden mengungkapkan sejumlah program rahasia pemerintah Amerika dalam memata-matai semua trafik telekomunikasi yang dilakukan oleh para warga negaranya dan semua orang yang menggunakan layanan telekomunikasi yang ditawarkan oleh perusahaan asal Amerika.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: