Chairman Indonesia Data Center: UPS Untuk Sekolah Jakarta Seharusnya Tidak Segitu

Pengadaan perangkat uninterruptible power supply (UPS) atau pasokan daya bebas gangguan di beberapa sekolah negeri Jakarta dinilai tidak wajar. Pasalnya, pengadaan UPS tersebut menghabiskan anggaran APBD 2014 yang sangat besar, yaitu sebanyak Rp 330 miliar dengan harga sekitar Rp 5,8 miliar tiap unitnya.

Menurut Johar Alam Rangkuti, praktisi teknologi dan juga Chairman Internet Data Center Indonesia (IDC), dana yang dikeluarkan untuk membeli satu unit UPS seharusnya tidak sebanyak itu.

Johar memberikan sedikit perbandingan dengan UPS yang dibeli untuk data center IDC pada tahun 2003 silam. IDC membeli sebuah UPS berkapasitas sekitar 200.000 Watt dengan harga sekitar 60.000 dollar AS atau sekitar Rp 600 juta. Saat itu, kurs dollar AS memang masih belum setinggi sekarang, masih sekitar Rp 10.000 per dollar AS.

“Itu harga tertinggi ya, masih belum ada diskon dan lain-lain. Namun, harganya masih jauh dari itu (anggaran pembelian UPS seharga Rp 5,8 miliar),” kata Johar.

Sumber: KompasTEKNO

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: