id-SIRTII: Ada 48 Juta Intrusi Trafik Menyerang Dunia Maya Indonesia Tahun 2014

id-SIRTII baru saja merilis data insiden serangan dunia maya yang terjadi di Indonesia pada tahun 2014 yang lalu. Data yang direkam pada periode Januari-November ini mengalami penurunan pada orde belasan ribu saja, lebih kurang sama dengan tahun 2013.

Situs-situs yang menjadi sasaran serangan tersebut juga situs-situs yang merupakan situs milik pemerintah, baik pusat maupun daerah. Untuk domain .go.id misalnya, diserang lebih dari 3.288 serangan. Rupanya, serangan tertinggi untuk domain .go.id terjadi pada bulan September, sebesar 1.423. (Ada apa pada bulan itu? jenengan Ingat?)

Oh ya, selain data insiden hacking diatas, id-SIRTII juga merilis proses intrusi trafik seluruh Indonesia tahun 2014 yang dicatat pada periode Januari sampai pertengahan Desember 2014. Tahun 2014, tercatat ada intrusi trafik percobaan serangan sekitar 48,4 juta trafik!. Trafik tertinggi terjadi dibulan Agustus, sekitar 18 juta trafik serangan.

Sepertinya, para hacker iseng itu punya target sendiri untuk mempermalukan banyak website Indonesia pada bulan kemerdekaan ya? Benar gak?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: