Inilah Hacker Yang Katanya Bisa Belokin Pesawat, Chris Roberts

Seperti layaknya di film-film action bertema komputer, seorang pakar sekuriti tiba-tiba mengaku mampu membelokkan pesawat yang ditumpanginya lewat kabel ethernet yang dapat dinikmati penumpang pesawat.

Sontak saja, Chris Roberts, pakar sekuriti yang digambarkan dalam kisah ini langsung dipanggil dan dimintai keterangan oleh biro investigas federal Amerika FBI. Konon, semua gadget yang sedang dibawanya juga disita untuk dijadikan barang bukti.

Salah satu pakar di perusahaan keamanan komputer, One World Labs itu mengklaim mampu membobol sistem komputer pesawat yang sedang ditumpanginya lewat In Flight Entertainment System (IFE). Caranya dengan mencolokkan kabel LAN yang keluar dari box IFE yang ada dibawah kursi penumpang (tidak semua kursi ada fitur ini, kebanyakan kelas bisnis).

Dengan terkoneksi via kabel LAN IFE itulah, Roberts mengklaim mampu menjebol TMC (Thrust Management Computer) yang mengendalikan mesin pesawat. Entah benar atau tidak, Roberts mengklaim telah membuat pesawat bergerak menyamping dari jalur yang seharusnya dengan metode ini.

Chris Roberts sudah beberapa tahun ini memang berkonsentrasi meneliti sistem keamanan IFE dalam pesawat ini, tidak ada keramaian seperti yang sekarang diberitakan disejumlah situs tekno. Adakah kemungkinan tiba-tiba Chris Roberts dipanggil karena FBI atau pihak-pihak berwenang disana mendapat kasus yang kemungkinan sama dengan apa yang dilakukan Roberts?

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: