Kaspersky: NSA Membuat Spyware Dalam Semua Firmware Harddisk

Peneliti keamanan asal Rusia yang bernaung dibawah perusahaan Kaspersky merilis hasil penelitiannya bahwa NSA (National Security Agency) Amerika Serikat secara diam-diam telah membenamkan sebuah spyware rahasia kedalam semua firmware harddisk yang beredar dipasaran selama ini.

Menurut Kaspersky Lab, setidaknya menurut penelitian mereka, firmware dari Western Digital, Seagate, Toshiba adalah produk harddisk yang terkena oleh spyware ini. Spyware ini mereka temukan menginfeksi sejumlah harddisk yang dipakai dan dipasarkan di negara-negara kontra Amerika seperti Rusia, Pakistan, Afghanistan, China, Mali, Suriah, Yaman dan Alzair. Umumnya yang diserang adalah harddisk yang dipakai pada komputer milik pemerintah, militer, bank, perusahaan tambang, peneliti nuklir, perusahaan Telco dan ULAMA!

Costin Raiu seorang peneliti dari Kaspersky Lab dalam sebuah pernyataannya di Reuters mengatakan bahwa Harddisk yang terkena spyware ini bisa menginfeksi komputer berkali-kali. NSA, menurutnya bisa mengambil alih secara rahasia ribuan komputer yang terkena untuk mencuri dokumen dan aktivitas mata-mata lainnya.

Apakah harddisk dinegeri kita termasuk yang terkena aksi gila ini? Saya kira iya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: