Kepolisian Surati Lagi Google Soal Fitur di Waze

Departemen Kepolisian Wilayah Miami Amerika Serikat menjadi salah satu departemen kepolisian yang tidak senang dengan hadirnya fitur Police di aplikasi navigasi lalu lintas Waze. Aplikasi berbasis peta milik Google itu ditengarai berpotensi membahayakan aparat keamanan karena memberikan info terlalu detail soal keberadaan aparat.

Sersan Javier Ortiz sebagai Presiden Purnawirawan Polisi Miami mengatakan bahwa Waze bisa membahayakan mereka dan khalayak umum, dimana aplikasi itu akan mendatangkan banyak pelanggaran dan perlawanan dari tersangka kepada para aparat. Pernyataan Ortiz itu terkait adanya fitur kehadiran polisi di aplikasi Waze.

Fitur Waze ini sebenarnya memberikan keleluasaan pengguna Waze untuk menentukan ada atau tidaknya aktivitas polisi pada peta, termasuk mempublikasikan keberadaan polisi di suatu area.

Kepolisian Miami sudah berusaha menghubungi pihak Google untuk membahas fitur tersebut. Edward Mullins, misalnya sudah mengirim surat kepada CEO Google Larry Page. Mullins meminta Google untuk mematikan fitur pelacak polisi tersebut.

Sampai saat ini, belum ada tanggapan resmi dari Waze maupun Google soal protes ini kepada Kepolisian Miami. Akankah Waze dilarang?

Psst, jangan tanya soal tanggapan Kepolisian Indonesia ya, tampaknya mereka lagi pusing nyari kasus-kasus sepele #CicakVsBuatidakYa

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: