Kisah Ditangkapnya Admin KickAss Torrent, Reverse DNS Lookup, WHOIS dll. Ada Peran Apple & Facebook?

Satu pembelian musik di iTunes bisa membuat kamu masuk penjara. Itulah setidaknya kisah dibalik ditangkapnya admin KickAss Torrent (kat.ph/kat.cr), Artem Vaulin.

Seperti kebanyakan kita tahu, admin KickAss Torrent resmi ditangkap di Polandia. Kemudian, website KAT resmi ditutup dan beberapa jam kemudian para penerusnya bermunculan, seperti DXTorrent, Kickass.website dan KAT.am. Lalu bagaimana bisa seorang admin dari website torrent terpopuler itu bisa tertangkap? Simak!

Reverse DNS Lookup

Tokoh kunci ditangkapnya Artem Vaulin adalah Jared Der-yeghiayan, seorang agen DHS (Department of Homeland Security) Amerika yang melacak keberadaan orang-orang dibalik situs KAT. Semua domain KAT dilacak, dari mulai kat.cr, kickasstorrent.com, kickass.to, kat.ph, kastatic.com, thekat.tv dan kickass.cr, kickasstorrents.biz dll.

Metode yang di gunakan om Jared untuk mengetahui siapa dibalik domain diatas,adalah Reverse DNS Lookup. Dengan lookup tersebut, didapatlah sejumlah IP Address server KAT yang tersebar di beberapa server hosting di Amerika, yang membuat satu bukti sah bahwa KAT melanggar hukum Amerika.

Pencarian dengan WHOIS terhadap kontak yang tertera dari sejumlah domain tersebut. Konyolnya, satu dari domain yang ada, kickasstorrents.biz diregistrasikan oleh Artem Vaulin dari kota Kharkiv, Ukraina. Berbekal nama terang itulah, Amerika kemudian mencari data-data detail tentang Artem Vaulin disemua platform.

Artem-Vaulin-640x414

Celaka dengan Apple & Facebook

Tidak disangka, secara kebetulan atau tepatnya kekonyolan, Vaulin juga memiliki satu alamat Apple ID yang menggunakan nama dan alamat email yang sama, yang kemudian dilacak dan dipantau secara terus menerus. Dan tanggal 31 Juli 2015 dia membeli satu musik di iTunes.

Dan, IP Address saat pembelian di iTunes itu ternyata cocok dengan IP Address pengelolaan fanspage KAT di Facebook!

Ironis, seorang founder dari situs penyedia konten bajakan terbesar justru tertangkap karena membeli konten secara legal!

Sumber: PDF semacam BAP dari kasus ini dan FossByte

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: