Apa itu server rumah? Semua yang perlu Anda ketahui

Menjalankan server Anda sendiri di rumah mungkin terdengar seperti pekerjaan yang mahal dan rumit yang diperuntukkan bagi mereka yang memiliki pengetahuan teknis yang luas. Namun, menyiapkan server jaringan rumah relatif murah dan hanya membutuhkan pengetahuan teknologi dasar.

Contents

  • Apa itu server rumah?
  • Mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk memiliki server rumah
  • Untuk apa Anda menggunakan server rumah?
  • Ini lebih terjangkau daripada yang Anda pikirkan
  • Cara menyetel up a home server
  • Pro dan kontra home server vs cloud

Apa itu home server?
Home server adalah komputer yang berfungsi di jaringan rumah. Ini bisa berupa komputer pribadi sederhana dengan hard drive besar, memori yang cukup, dan koneksi jaringan. Dalam kebanyakan kasus, server rumah berfungsi sebagai penyimpanan media, tetapi ini hanyalah puncak gunung es. Mari kita lihat bagaimana Anda dapat menggunakannya, manfaat dari server rumah, dan cara mengaturnya.

Mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk memiliki server rumah
Server rumah dapat memiliki banyak kegunaan, dan itu bisa sangat nyaman untuk mereka yang sekarang harus bekerja dari rumah karena pandemi. Ini dapat digunakan untuk menyimpan dan mengelola data, bermain game, mengambil beban dari komputer pribadi Anda, hosting web, dan bahkan otomatisasi rumah (lebih lanjut tentang itu nanti).
Ini juga dapat memiliki kegunaan yang lebih maju. Dengan server rumah, Anda dapat menjalankan simpul Tor atau server email dan obrolan Anda sendiri, atau bahkan membuat server VPN rumah. Namun, beberapa di antaranya mungkin memerlukan lebih banyak pengetahuan teknis. Untuk saat ini, mari kita lihat beberapa kegunaan yang lebih populer.

Untuk apa Anda menggunakan server rumah?
Jadi, apa yang dapat Anda lakukan dengan server rumah? Berikut adalah pandangan yang lebih mendalam tentang mengapa memiliki server di rumah adalah ide yang bagus.

Menyediakan lokasi terpusat untuk menyimpan media Anda
Pikirkan tentang semua media yang berbeda, seperti foto, film, atau musik, yang disimpan di setiap perangkat Anda: laptop, tablet, dan ponsel. Sekarang pertimbangkan perangkat dan media seluruh keluarga Anda — melacak dan mengelola semua file itu bisa sedikit merepotkan.
Lalu ada ukuran file-file itu. Misalnya, sebuah film dapat menghabiskan beberapa gigabyte, dan semua cinephile akan setuju bahwa ruang di komputer Anda cepat habis.
Server media rumahan adalah cara terbaik untuk mengosongkan penyimpanan dan menyimpan semua file media tersebut di satu tempat. Alih-alih menyimpan seluruh file rumah tangga Anda tersebar di berbagai perangkat, menyiapkan server rumah memungkinkan Anda menyimpan data itu di satu lokasi terpusat. Karena server terhubung ke jaringan rumah Anda, siapa pun di keluarga Anda dapat mengakses dan memutar media secara real time dari perangkat mereka sendiri. Hal ini juga membuat berbagi file antar anggota keluarga menjadi lebih mudah.

Menghilangkan beban PC
Memutar media utama memang menghabiskan banyak daya pemrosesan komputer Anda. Jadi, katakanlah Anda ingin melakukan beberapa pekerjaan di laptop Anda dan memutar film di latar belakang. Dalam hal ini, server rumah dapat menangani pemutaran film sehingga Anda dapat melakukan banyak tugas dengan lancar tanpa risiko komputer pribadi Anda mogok.

Pencadangan data otomatis ke server rumah
Mencadangkan semua data Anda sangat penting. Satu klik pada tautan berbahaya atau sekadar gerakan kikuk dengan secangkir kopi di samping laptop Anda, dan semua informasi berharga itu hilang. Server cadangan rumah dapat menjadi solusi yang sangat baik untuk menjaga keamanan informasi Anda. Anda juga dapat mencadangkan file Anda dengan NordLocker. Ini tidak hanya mengenkripsi file Anda dan melindunginya dari pengintaian, tetapi juga memungkinkan Anda memilih di mana menyimpannya: di komputer Anda atau di cloud NordLocker. Jika Anda ingin kontrol penuh atas manajemen situs web, atau Anda tidak ingin membayar layanan hosting, server rumah dapat melakukan pekerjaan itu. Meskipun tidak akan menangani jutaan pengguna, komputer lama Anda dapat melakukan hampir sama dengan layanan hosting hingga jumlah lalu lintas tertentu.

Web proxy
Sama seperti dengan hosting situs web, Anda dapat mengatur proxy server rumah. Proxy berfungsi sebagai pintu gerbang antara perangkat Anda dan internet. Ada banyak perangkat lunak dan tutorial online yang akan memandu Anda dalam menyiapkan, mengonfigurasi, dan membuka port yang tepat untuk proxy Anda.
Namun, perlu diingat bahwa proxy pribadi tidak akan memberi Anda privasi dan keamanan yang sama seperti VPN .
Menyediakan platform untuk otomatisasi dan keamanan rumah
Server otomatisasi rumah adalah platform terpusat yang sempurna untuk mengelola rumah pintar Anda. Anda dapat mengelola pemanas, penerangan, atau peralatan rumah IoT dari server terpusat untuk mengoptimalkan penghematan energi, atau Anda dapat menggunakannya sebagai panel kontrol untuk semua sistem keamanan rumah Anda.

Game online
Beberapa game multipemain online menawarkan perangkat lunak server khusus sehingga pemain dapat menjadi tuan rumah game di server rumah mereka sendiri. Ini memungkinkan Anda memainkan game multipemain dengan kinerja dan stabilitas yang lebih baik. Belum lagi Anda akan memiliki kesempatan untuk menyesuaikan permainan Anda sesuka Anda.

Instal VPN di server rumah Anda. Ini dapat kompatibel dengan sebagian besar aplikasi server rumah lainnya, namun mungkin memerlukan konfigurasi tambahan agar berfungsi dengan benar. Tetapi, jika Anda siap, itu akan menambahkan fitur dan keamanan tambahan ke server Anda. Dengan merutekan ulang koneksi internet Anda melalui server VPN, Anda akan dapat mengamankannya dari snoopers.
Selain itu, Anda dapat memilih IP khusus. Layanan seperti NordVPN menawarkan fitur ini. Dengan itu, Anda dapat memiliki alamat IP khusus yang aman dan memasukkannya ke daftar putih. Dengan cara ini, hanya mereka yang memiliki IP tertentu yang dapat terhubung ke server.

Ini lebih terjangkau daripada yang Anda pikirkan
Pengaturan server rumah tidak harus sangat mahal. Ini lebih murah daripada membeli komputer baru karena tidak memerlukan desktop, mouse, atau keyboard. Tergantung pada kebutuhan Anda, Anda dapat menggunakan komputer lama yang ditinggalkan sebelum memilih teknologi baru — dalam hal ini, sepenuhnya gratis.
Anda juga dapat membangun server rumah dari awal, mencari suku cadang yang lebih murah satu per satu. Secara keseluruhan, tergantung pada seberapa kuat yang Anda inginkan dan apakah Anda memiliki komputer lama untuk dimodifikasi ulang atau tidak, ini dapat berkisar dari beberapa dolar hingga beberapa ratus.

Cara menyiapkan server rumah
Kerumitan penyiapan tergantung pada apa yang Anda akan menggunakannya untuk. Masing-masing fungsi server di atas mungkin memerlukan konfigurasi yang berbeda dan bahkan perangkat keras yang berbeda. Namun, itu tidak berarti server rumah Anda harus dibatasi untuk satu kali penggunaan saja. Apa pun yang Anda putuskan, untuk menyiapkan server Anda, ikuti langkah-langkah utama berikut:
Dapatkan perangkat kerasnya. Anda dapat menggunakan kembali komputer lama yang tidak lagi Anda gunakan. Tidak harus kuat, jadi jangan takut untuk menggunakan mesin yang lebih tua. Anda mungkin perlu memutakhirkan bagian-bagian seperti RAM, penyimpanan, atau sistem pendingin, tetapi mungkin tidak akan memakan biaya terlalu banyak. Atau, Anda dapat membeli server. Ada beberapa pilihan anggaran yang tersedia, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih dari beberapa ratus dolar. Perangkat NAS juga sering digunakan sebagai server rumah. Tergantung pada kebutuhan Anda, ada banyak pilihan untuk dipilih. Mereka lebih mudah digunakan daripada server biasa, tetapi Anda juga memiliki lebih sedikit ruang untuk penyesuaian.

Pilih sistem operasi. Anda dapat memilih dari salah satu sistem operasi utama, termasuk Ubuntu, Unraid, Amahi, dan lainnya. Sistem operasi mana yang paling sesuai dengan server Anda sebagian besar tergantung pada jenis operasi yang Anda inginkan untuk dijalankan oleh server. Gamer mungkin mendapat manfaat dari Unraid, sementara anggota keluarga mungkin lebih suka FreeNAS. Ubuntu adalah yang paling serbaguna, karena Anda dapat menggunakannya sebagai hub file, portal streaming, atau bahkan sistem manajemen jarak jauh untuk perangkat IoT Anda.

Perangkat lunak jenis apa yang akan dijalankannya? Perangkat lunak server rumah juga tergantung pada apa yang akan Anda gunakan untuk server Anda. Tetapi keputusan Anda tidak harus ditentukan — Anda dapat memodifikasi, meningkatkan, dan mengkonfigurasi ulang perangkat lunak server rumah Anda kapan saja Anda ingin mencoba sesuatu yang baru.

Pro dan kontra dari server rumah vs cloud
Anda mungkin bertanya-tanya apakah itu sepadan upaya untuk menyiapkan server Anda sendiri daripada memindahkan semua data Anda ke penyimpanan cloud. Inilah yang harus Anda pertimbangkan:

  • Security. Saat Anda mengoperasikan server, Anda adalah satu-satunya yang bertanggung jawab atas keamanan, dan tugas Anda adalah mengambil tindakan yang diperlukan untuk melindungi file Anda. Namun, saat mendaftar dengan penyedia cloud, Anda menyerahkan keamanan Anda kepada orang lain.
  • Privasi. Anda tidak tahu bagaimana data Anda akan disimpan di cloud dan siapa yang akan memiliki akses ke sana. Memiliki server menjamin bahwa Anda bertanggung jawab atas data Anda dan dapat memutuskan dengan siapa akan dibagikan.
  • Price. Menyiapkan server yang layak di rumah dapat dikenakan biaya setidaknya beberapa ratus dolar, sedangkan langganan cloud dasar tidak boleh lebih dari $5 per bulan. Namun, semakin banyak ruang penyimpanan cloud dan fitur tambahan yang Anda butuhkan, semakin banyak Anda harus membayar.
  • Risk. Jika terjadi bencana alam, server Anda mungkin rusak dan data Anda hilang selamanya. Jika Anda ingin mencadangkan file Anda seperti seorang profesional, Anda perlu menggunakan penyimpanan cloud.
  • Speed. Tergantung pada perangkat keras yang Anda gunakan, server Anda mungkin sangat cepat atau sangat lambat. Lain halnya dengan cloud, karena kecepatan Anda sangat bergantung pada koneksi internet Anda.

Anda juga dapat menggunakan sistem cloud hybrid dan menggabungkan server internal dengan penyimpanan cloud. Dengan cara ini, Anda dapat menjalankan beberapa operasi Anda di cloud dan lainnya di server Anda. Namun, jenis solusi ini sebagian besar digunakan oleh perusahaan dan tidak umum di antara pengguna rumahan.
Menyiapkan server rumah itu nyaman, relatif murah, dan pengalaman belajar yang luar biasa. Dengan sedikit atau tanpa investasi dan sedikit riset, Anda dapat mengubah jaringan lokal Anda menjadi pusat data untuk teman atau keluarga Anda.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: