Apa itu svchost.exe dan apakah itu virus?

Apa itu svchost.exe dan apa fungsinya?
Svchost.exe, atau Host Layanan, adalah proses Windows penting yang menampung satu atau lebih layanan Windows. Hal ini memungkinkan Windows untuk mengelompokkan sejumlah layanan dalam satu proses, sehingga mengurangi konsumsi sumber daya.
Misalnya, Windows dapat memiliki proses terpisah untuk setiap layanan terkait jaringan, tetapi itu akan menciptakan sejumlah besar proses yang berbeda, yang akan menjadi tidak efisien dan tidak nyaman. Jadi, sebagai gantinya, ia mengelompokkan semua layanan tersebut ke dalam satu proses. Windows menggunakan svchost.exe untuk layanan seperti firewall, pembaruan Windows, dukungan Bluetooth, atau koneksi jaringan.

Bagaimana cara kerja svchost.exe?
Penggunaan RAM yang tinggi dan munculnya beberapa proses svchost.exe mungkin tampak mencurigakan, tetapi tidak perlu khawatir — begitulah cara kerja sistem. Svchost.exe menggunakan RAM secara signifikan lebih banyak daripada proses lain karena menampung banyak layanan dalam satu task.
Beberapa contoh svchost.exe dapat dijelaskan oleh fakta bahwa Windows mengelompokkan layanan terkait ke dalam proses svchost.exe yang berbeda. Misalnya, satu proses tersebut dapat meng-host semua layanan terkait firewall sementara yang lain dapat bertanggung jawab untuk panggilan jarak jauh. Dengan cara ini, Windows menghindari meletakkan semua telurnya dalam satu keranjang — jika satu proses gagal, hanya layanan tertentu yang berhenti bekerja, tetapi tidak seluruh sistem.

Apakah svchost.exe adalah virus?
Tidak, bukan. Tetapi virus dapat menyamar sebagai proses svchost.exe. Jika Anda melihat proses yang mencurigakan, kami sarankan untuk mematikannya dan segera menjalankan tes antivirus untuk menemukan kemungkinan virus dan menghapusnya.
Artikel terkaitCaranya · 3 mnt bacaApa itu malvertising?Oleh Malcolm Higgins · 06 Mar 2020Caranya · 2 min bacaCara melakukan pemindaian virus ChromeOleh Paul Black · Sep 20, 2019
Haruskah Anda menghapus svchost.exe?
Jika file svchost.exe palsu atau mencurigakan, Anda harus segera menghapusnya. Lihat rangkaian artikel kami tentang cara menghapus malware di Mac, Windows 10, Android, dan sistem iOS Anda.
Namun, Anda tidak boleh menghapus svchost.exe yang sah, karena file ini penting dan integral dengan operasi Windows, dan menghapusnya dapat menyebabkan gangguan yang tidak perlu. Selain itu, sistem kemungkinan besar tidak akan mengizinkan Anda untuk menghapusnya.

Cara melindungi diri Anda dari virus svchost.exe
Berikut adalah beberapa tips tentang cara melindungi diri Anda dari virus:
Hindari mengklik tautan, lampiran, dan spanduk yang mencurigakan, serta mengunduh perangkat lunak dari sumber yang cerdik. Ini semua dapat menjadi titik infeksi malware, dan dapat membahayakan perangkat Anda;

Jangan memberikan data apa pun kepada orang yang tidak Anda kenal atau percayai karena Anda dapat menjadi korban phishing atau serangan manipulasi psikologis lainnya yang dapat menginfeksi perangkat Anda dengan malware;

Gunakan perangkat lunak antivirus yang berkualitas dan terkini dan perbarui bila memungkinkan;

Selalu perbarui perangkat lunak Anda tepat waktu untuk mendapatkan tambalan terbaru;

Gunakan perangkat lunak keamanan untuk memantau perangkat Anda dari proses atau program berbahaya. Jika Anda menemukannya, segera hapus.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: