Apakah kata kunci polisi menjamin ancaman privasi?

Apa yang dimaksud dengan surat perintah kata kunci?
A surat perintah kata kunci adalah permintaan yang dibuat oleh lembaga penegak hukum kepada penyedia layanan pencarian online untuk mengidentifikasi pengguna yang mencari frasa atau nama tertentu di mesin pencarinya. Kata kunci ini biasanya dikaitkan dengan kejahatan atau prosedur investigasi (misalnya, nama korban, alamat lokasi kejahatan, metode kejahatan, dll.). Namun, mereka juga bisa kurang spesifik.
Istilah ini terutama dikaitkan dengan Google setelah raksasa teknologi itu memberikan data semacam itu kepada petugas penegak hukum pada beberapa kesempatan. Itu cukup dekat dengan surat perintah geofence — kasus di mana polisi meminta informasi kepada Google tentang orang-orang yang dekat dengan TKP pada waktu tertentu.

Kasus surat perintah kata kunci
Berikut adalah beberapa kasus permintaan surat perintah kata kunci yang diketahui:
Saat menyelidiki penculikan dan seksual kasus penyerangan pada tahun 2019, penyelidik polisi federal Wisconsin meminta Google untuk memberi mereka informasi tentang semua pengguna yang mencari nama dan alamat korban dan ibunya;

Pada tahun 2020, polisi meminta perincian pengguna yang mencari alamat korban pembakaran ;

Selama penyelidikan pengeboman Austin yang mengakibatkan kematian dua orang, polisi mencari data dengan kata kunci yang kurang spesifik seperti “bom pipa” atau “ledakan rendah.”

Artikel terkaitBerita · 3 menit dibacaDapatkah polisi menyalahgunakan data Anda untuk melecehkan Anda?Oleh Carlos Martinez · Sep 30, 2020Berita · 3 menit dibacaApakah pemerintah menargetkan jurnalis mereka sendiri dengan spyware pengawasan?Oleh Daniel Markuson · Jul 19, 2021
Risks
Meskipun metode tersebut memang dapat membantu menangkap penjahat atau menghentikan aktivitas kriminal, metode tersebut juga menimbulkan risiko tertentu:
Pelanggaran privasi. Pemantauan kata kunci adalah gangguan yang cukup serius ke dalam ruang online pribadi seseorang. Dan, sementara kami memuji polisi karena melakukan segala yang mereka bisa untuk melindungi kami, metode ini dapat dengan cepat keluar jalur;

Menargetkan pengguna yang tidak bersalah. Tidak semua kata kunci spesifik dan bisa sangat luas (misalnya, metode kejahatan), sehingga penegak hukum dapat secara keliru menargetkan orang yang mencarinya tanpa niat buruk. Selain itu, perangkat seseorang dapat digunakan oleh orang lain yang dapat merusak reputasi kata kunci mereka.

Kasus intervensi polisi lainnya
Permintaan surat perintah kata kunci adalah bagian dari tren metode pengawasan polisi baru yang sedang berlangsung. Berikut adalah beberapa kasus lainnya:
Clearview AI, sebuah perusahaan yang menyediakan layanan pengenalan wajah dengan menggores foto pengguna yang ditemukan secara online, memberikan layanannya ke berbagai lembaga penegak hukum;

Pada tahun 2018, polisi Australia dan FBI memulai serangan terbesar dalam sejarah modern dengan membuat aplikasi pesan terenkripsi palsu dengan pintu belakang terpasang. Ini menyebabkan sekitar 800 penangkapan di seluruh dunia;

Lembaga penegak hukum baru-baru ini mulai menggunakan alat pengumpulan data inovatif seperti SmartNet atau Kaseware, yang memungkinkan pengikisan web skala besar dan menimbulkan banyak masalah privasi.

Ingin membaca lebih lanjut seperti ini?

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: