Cara Melindungi Diri Anda dari Virus, Peretas, dan Hacker

Orang sering menganggap keamanan komputer sebagai sesuatu yang teknis dan rumit. Dan ketika Anda masuk ke seluk beluk, itu bisa jadi — tetapi hal yang paling penting sebenarnya sangat sederhana. Berikut adalah hal-hal dasar dan penting yang harus Anda lakukan untuk membuat diri Anda lebih aman saat online.

Jangan Tunda Pembaruan Otomatis

Semua aplikasi perangkat lunak yang kita gunakan setiap hari kemungkinan besar penuh dengan masalah keamanan. Masalah keamanan ini terus-menerus ditemukan — apakah kita berbicara tentang Windows, Microsoft Edge, Mozilla Firefox, Google Chrome, Pembaca PDF Adobe, Microsoft Office — daftarnya terus bertambah.

Saat ini, banyak sistem operasi dan program datang dengan pembaruan otomatis untuk menutup lubang keamanan ini. Anda tidak perlu lagi mengklik tombol atau mengunduh file untuk memperbarui perangkat lunak Anda; itu akan memperbarui dirinya sendiri di latar belakang tanpa masukan dari Anda.

Beberapa orang suka mematikan ini karena satu dan lain alasan. Yang lain akan menundanya selama berminggu-minggu. Mungkin Anda tidak suka Windows dimulai ulang setelah menginstal pembaruan, atau mungkin Anda tidak suka perubahan. Namun dari sudut pandang keamanan, Anda harus selalu membiarkan pembaruan otomatis aktif.

Jika Anda telah menonaktifkan pembaruan otomatis sebelumnya, untuk perangkat lunak Anda, aktifkan sekarang juga, lalu kembali ke ini.

Menjaga komputer Anda tetap mutakhir adalah cara nomor satu untuk menjaganya tetap aman dari ancaman online. Microsoft menyediakan pembaruan untuk Windows dan produk Microsoft terkait (Defender, Office) pada hari Selasa kedua setiap bulan. Apple tidak memiliki jadwal yang teratur, tetapi mereka juga secara teratur memberikan pembaruan. Pembaruan ini tidak hanya memperbaiki bug, tetapi juga menambal lubang keamanan. Jadi satu-satunya cara untuk melindungi diri Anda dari kerentanan terbaru yang diketahui adalah dengan memperbarui. Penyerang jahat selalu mencari sistem yang belum ditambal yang dapat mereka serang, dan pembaruan otomatis membuat Anda keluar dari daftar buah-buahan yang menggantung.

Gunakan Antivirus dan Anti-Malware

Sepertinya setiap beberapa tahun akan muncul artikel yang mengatakan bahwa satu antivirus adalah yang terbaik. Tiga lagi akan mengikuti mengatakan tiga lainnya mengungguli yang pertama. Selain itu, beberapa pakar keamanan akan menulis artikel yang mengatakan bahwa antivirus tidak lagi relevan dan Anda bodoh jika menggunakannya.

Mari kita luruskan: Anda harus menjalankan antivirus, bahkan jika Anda berhati-hati di web. Pilih satu? Terserah Anda — meskipun dalam hal gratis, sederhana, dan bagus, tidak ada salahnya menggunakan Microsoft Defender. Itu dibangun di Windows, diperbarui secara otomatis dengan utilitas Pembaruan Windows, memiliki dampak minimal pada kinerja, dan gratis. Agar efektif, aplikasi antivirus perlu berintegrasi dengan sistem operasi pada tingkat yang sangat dalam. Siapa yang lebih tahu internal Windows daripada orang yang membangunnya? Plus, itu tidak akan mencoba untuk menjual produk lain atau menyuntikkan fitur lain yang tidak Anda perlukan, seperti yang dilakukan beberapa program antivirus.

Namun, selain antivirus, sebaiknya gunakan Malwarebytes bersama antivirus Anda. Sama seperti sabuk Anda dapat menggunakan sepasang suspender yang baik untuk memberikan sedikit bantuan, aplikasi seperti Malwarebytes dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap perangkat lunak berbahaya yang produk antivirus tradisional mungkin tidak mengidentifikasi. Program berbahaya seperti pengarah ulang browser dan penyuntikkan iklan berperilaku persis seperti beberapa filter jaringan sah yang diketahui. Secara teknis mereka bukan virus, tetapi Anda pasti tidak menginginkannya. Aplikasi anti-malware dapat membantu Anda dengan itu. Malwarebytes menawarkan uji coba premium selama dua minggu, kemudian $40 per tahun, tetapi Anda bisa mendapatkan beberapa fiturnya secara gratis.

Dengan kombo satu-dua pukulan itu, Anda seharusnya aman dari banyak ancaman di luar sana.

Buat Kata Sandi yang Kuat dan Otomatis

Anda mungkin tahu bahwa kata sandi itu penting, tetapi Anda mungkin tidak tahu betapa pentingnya — dan betapa buruknya kata sandi kebanyakan orang.

Inilah masalahnya: kita tidak lagi di masa lalu internet, di mana Anda hanya dapat menggunakan kata sandi yang sama di mana-mana dan menyebutnya sehari. Layanan selalu diretas, dan jika Anda menggunakan sandi yang sama di mana-mana, Anda telah memberi seseorang akses ke semua akun Anda saat satu layanan membocorkan informasi. Anda perlu menggunakan sandi yang panjang dan Anda perlu menggunakan sandi yang berbeda di setiap situs dan layanan.

Untuk melakukannya, saya sarankan semua orang menggunakan pengelola sandi seperti LastPass. Ini akan secara otomatis membuat kata sandi untuk Anda, menyimpannya dengan aman di satu tempat terpusat, dan bahkan secara otomatis memasukkannya untuk Anda saat Anda menjelajah. Pengelola kata sandi juga akan menyelamatkan Anda dari phishing dan kesalahan ketik.

Anda juga harus memiliki kata sandi atau PIN di komputer dan kode sandi di ponsel Anda juga. Saya tahu, saya tahu, itu tidak nyaman. Tetapi meskipun mungkin perlu beberapa detik lebih lama daripada hanya menekan satu tombol, ini adalah cara yang mudah dan penting untuk menjaga keamanan informasi Anda. Memiliki kata sandi di komputer dan telepon Anda akan menghentikan orang acak untuk mengambil dan menggunakan perangkat Anda.

Pikirkan semua informasi di ponsel Anda. Sekarang pikirkan semua situs web yang Anda masuki di komputer Anda. Apakah Anda ingin orang asing memiliki semua akses itu? Tahukah Anda betapa mudahnya kehilangan ponsel atau laptop? Anda harus memiliki kata sandi di komputer dan telepon Anda. Tidak ada pengecualian.

Anda Akan Menyesal Nanti Jika Anda Tidak Melakukannya Tapi bukan itu saja. Kata sandi yang baik seperti kunci yang sangat bagus di pintu, tetapi kunci dapat diambil. Menambahkan enkripsi akan mengubah pintu tersebut menjadi bunker. Jika Anda mengenkripsi komputer atau ponsel, Anda mencegah pencuri mengakses data Anda dengan cara lain yang lebih canggih. Kami merekomendasikan penggunaan BitLocker di Windows jika Anda memiliki Windows Pro atau Enterprise, atau VeraCrypt jika Anda memiliki Windows Home. Pengguna Mac harus mengaktifkan FileVault. iPhone dan ponsel Android biasanya dienkripsi secara default akhir-akhir ini, tetapi Anda dapat memeriksa ulang pengaturan untuk memastikan.

Jangan Meninggalkan Ponsel atau Komputer Anda Tanpa Pengawasan

Ini mungkin tampak jelas , tetapi patut dikatakan: jangan pernah, jangan pernah meninggalkan komputer atau ponsel Anda tanpa pengawasan di tempat umum. Di meja kopi Anda di rumah Anda? Tentu. Di meja Anda di Starbucks? Tidak mungkin. Melakukannya berarti memintanya untuk dicuri.

Jika perangkat Anda dicuri, skenario kasus terbaik adalah Anda kehilangan perangkat mahal Anda. Tetapi jika Anda meninggalkan sesuatu tanpa pengawasan dan Anda belum mengikuti semua saran di atas, skenario terburuknya adalah seseorang memiliki gadget mahal Anda dan semua informasi pribadi Anda. Yang diperlukan hanyalah seorang anak dengan pengetahuan komputer yang sedikit lebih dari dasar untuk mendapatkan semua data Anda, dan jika mereka memiliki komputer Anda di tangan mereka, itu jauh lebih mudah (jika Anda tidak menggunakan enkripsi — lihat di atas).

Ketahui Tautan Mana yang Aman untuk Diklik

Anda mendengarnya sepanjang waktu: jangan buka email atau pesan langsung (DM) dari orang yang tidak Anda kenal, dan jangan klik tautan yang tidak Anda percayai. Tapi itu tidak cukup. Sering kali, tautan berbahaya dapat berasal dari teman yang telah terinfeksi, atau dari email, pesan, atau teks yang terlihat sah, tetapi sebenarnya palsu. Ini dikenal sebagai phising. Phishing memiliki banyak bentuk — mulai dari email, skema Facebook, hingga phishing teks yang dipersonalisasi. Tapi itu tidak realistis atau nyaman, meskipun kami menyarankan untuk tidak mengeklik tautan email ke lokasi sensitif seperti situs web bank Anda. Cukup buka situs web bank Anda secara normal. Untuk tautan lain, opsi jalan tengahnya adalah mengetahui cara menyelidiki tautan sebelum Anda mengekliknya — ya, bahkan tautan dari teman Anda.

Pertama, periksa apakah tautan ini sesuai dengan yang dikatakan. Jika Anda mengarahkan kursor ke tautan, tujuan akan muncul di bagian bawah jendela browser Anda. Jika tidak, klik kanan pada tautan dan pilih “Salin alamat tautan.” Anda kemudian dapat menempelkannya di tempat yang aman (seperti dokumen Notepad) dan memeriksanya.

Jika tautannya mengatakan “ebay.com”, tetapi tujuan sebenarnya mengatakan “ebay.clickme.com”, ada sesuatu yang mencurigakan, dan Anda tidak boleh mengklik . Ingat, hanya karena ada kata “ebay” di dalamnya, bukan berarti itu akan masuk ke Ebay juga — itu harus sebelum “.com” agar benar-benar sah.

Berhati-hatilah Tentang Program yang Anda Unduh dan Jalankan (dan Berhenti Perangkat Lunak Pembajakan)

Tips ini mungkin juga tampak jelas — Anda mendengarnya sepanjang waktu, dan mungkin mengira Anda mengikutinya. Tetapi begitu banyak malware yang ditemui pengguna Windows tampaknya sebagai akibat dari mengunduh dan menginstal perangkat lunak yang buruk secara tidak sengaja.

Jadi, selalu berhati-hatilah dengan program yang Anda unduh dan jalankan. Hanya unduh dan jalankan perangkat lunak yang dikenal luas dan tepercaya, atau direkomendasikan oleh situs tepercaya. Pastikan Anda selalu mendapatkan perangkat lunak dari situs resminya — -jika Anda ingin mengunduh VLC, unduh dari situs web resmi VLC. Jangan klik spanduk “Unduh VLC” di situs web lain dan unduh dari orang lain yang mungkin menggabungkan malware atau adware bersamanya. Bahkan jika Anda menggunakan mesin pencari, pastikan itu mengarahkan Anda ke situs sebenarnya.

Dan, saat mengunduh perangkat lunak, pastikan untuk berhati-hati terhadap spanduk iklan yang disamarkan sebagai “Unduh” tautan yang akan membawa Anda ke tempat lain dan mencoba menipu Anda agar mengunduh perangkat lunak yang mungkin berbahaya. Dan hapus centang pada paket perangkat lunak yang disertakan dengan program—bahkan yang sah.

Perhatikan bahwa ada banyak jenis “program” yang berbeda — misalnya, screensaver dalam format .SCR pada dasarnya hanyalah program dan dapat berisi malware berbahaya. Kami memiliki daftar 50+ jenis ekstensi file berbeda yang berpotensi berbahaya di Windows.

Terakhir, dan ini tidak perlu dikatakan lagi, hentikan pembajakan perangkat lunak. Saat Anda memperoleh perangkat lunak bajakan atau retak dari jaringan peer-to-peer atau situs web yang teduh, Anda mengambil risiko besar. Dengan menjalankan file .exe dari lokasi tersebut, Anda memercayai distributor untuk tidak melakukan sesuatu yang berbahaya. Lebih buruk lagi, retakan yang mungkin perlu Anda jalankan untuk membuat perangkat lunak tersebut berfungsi dengan baik dibuat oleh kelompok peretas perangkat lunak. Anda tidak dapat mengetahui apakah mereka menyertakan malware atau tidak.

Jangan Percayai Notifikasi Popup Apa Pun

Demikian pula, jangan pernah mengunduh atau menginstal sesuatu yang tidak Anda cari. Jika situs web memberi tahu Anda bahwa Flash kedaluwarsa, Chrome perlu diperbarui, atau ekstensi perlu ditambahkan, pompa rem Anda. Ini adalah trik umum untuk membuat Anda menginstal sesuatu untuk penyerang. Bahkan jika menurut Anda pop-up itu sah, Anda tetap tidak boleh mengkliknya.

Mari kita gunakan Flash sebagai contoh. Flash telah ditinggalkan selama bertahun-tahun. Meski begitu, masih umum untuk menemukan peringatan munculan bahwa Anda memerlukan versi terbaru untuk memutar video kucing itu. Jika Anda mengakses situs web yang memiliki konten cukup lama sehingga benar-benar membutuhkan Flash, ada cara yang lebih baik (tetapi tidak aman) untuk menginstalnya. Flash telah sepenuhnya diganti di sebagian besar situs web, jadi melihat sembulan tentang itu adalah tanda bahaya besar.

Ini juga berlaku untuk “dukungan teknis”. Jangan percaya situs mana pun yang mengatakan telah mendeteksi virus di sistem Anda (atau panggilan apa pun dari Microsoft), atau telah mendeteksi 135 hal yang memperlambat sistem Anda. Jika sebuah popup mengatakan Anda memiliki masalah dengan komputer Anda, jangan klik di atasnya. Sebagai gantinya, buka menu Start Anda, buka program antivirus pilihan Anda, dan jalankan pemindaian dari sana. Jika Anda khawatir sistem Anda berjalan lambat, ada beberapa langkah mudah yang dapat Anda ambil untuk mempercepatnya.

Tidak satu pun dari ide ini yang sangat berteknologi tinggi. Mereka tidak maju. Mereka tidak mengambil program yang rumit atau gelar dalam ilmu komputer untuk diterapkan. Ini adalah cara sederhana untuk menyesuaikan perilaku Anda yang akan sangat meningkatkan keamanan Anda — dan semua orang dapat (dan harus) menggunakannya.

Itulah berita seputar Keamanan Komputer Dasar: Cara Melindungi Diri Anda dari Virus, Peretas, dan Pencuri, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.