Film Spider-Man Rilis Frenzy Bites Fans dengan Pengambilan Kartu Kredit

Perilisan
Friday dari Spider-Man: No Way Home adalah pemutaran perdana pascapandemi pertama yang benar-benar memiliki semua aksesori blockbuster Hollywood: pahlawan super, Zendaya, dosis nostalgia buku komik yang sehat — bahkan penipuan phishingnya sendiri.

Peneliti di Kaspersky memperingatkan bahwa rilis Spider-Man: No Way Home digunakan oleh penjahat dunia maya untuk menyebarkan malware dan mencuri informasi perbankan.

“Ekspektasi penggemar saat ini sangat tinggi, bisa dibilang lebih tinggi daripada film mana pun,” Tatyana Shcherbakova dari Kaspersky menjelaskan dalam sebuah pernyataan. “Setiap orang yang pernah menjadi penggemar Spidey memiliki teorinya masing-masing tentang film tersebut, yang dapat dimanfaatkan oleh penjahat dunia maya.”

Penggemar berat Spider-Man, sangat ingin melihat filmnya atau mendapatkan informasi orang dalam tentangnya, yang target utama untuk janji palsu melihat film lebih awal atau menawarkan untuk mendaftar akses lain ke alam semesta superhero, peneliti Kaspersky memperingatkan. Kaspersky mengatakan beberapa situs phishing Spider-Man menggunakan seni penggemar dari bintang film untuk mencoba dan menarik perhatian pengikut waralaba yang paling hiruk pikuk:
Sumber: Kaspersky.

Beberapa situs phishing meminta informasi perbankan sebagai imbalan untuk mengunduh cuplikan dari film, yang ternyata merupakan file video berbahaya. Jika diakses, video dipenuhi dengan adware dan trojan, beberapa dapat mengumpulkan dan mengubah data perangkat, lapor peneliti Kaspersky.

“Lupakan tentang keamanan siber, penonton terburu-buru untuk mengetahui rahasia pemutaran perdana film, dan penipu menggunakan seni kipas dan potongan trailer sebagai umpan untuk membuat korban mengunduh file berbahaya dan memasukkan detail bank,” kata Shcherbakova.

Spidey Sense Tingling?

Emosi dan kegembiraan yang tinggi adalah kunci keberhasilan kampanye phishing. Kapan pun iming-iming dapat memicu respons emosional, semakin besar kemungkinan korban untuk mengklik.

Dan emosi seputar pemutaran perdana angsuran terbaru dalam franchise Spider-Man telah menjadi panas, membuatnya lebih matang daripada kebanyakan acara budaya pop untuk umpan siber. Menjelang rilis film, kontroversi media sosial mudah ditemukan.

Beberapa hari sebelum pemutaran perdana No Way Home, “Menghapus Twitter” mulai menjadi tren di Twitter ketika penggemar mengumumkan bahwa mereka meninggalkan platform untuk menghindari spoiler sebelum mereka dapat melihat langkah tersebut sendiri.

Seperti ini:
to hindari spoiler, saya akan menghapus twitter sampai saya tidak bisa pulang.

LIHAT KALIAN DI SISI LAIN!!! pic.twitter.com/ZdVQF42ats

— jules (@webshootrs) 14 Desember 2021

Spoiler sebenarnya? Penggemar Spider-Man: No Way Home menjadi sasaran, jadi berhati-hatilah di luar sana.

Demikian pula, romansa kehidupan nyata antara bintang No Way Home Zendaya dan Tom Holland tidak hanya membuat lidah bergoyang-goyang di seluruh bait Spidey, itu juga memicu perdebatan tentang “raja pendek” berkencan dengan wanita yang lebih tinggi menjelang pemutaran perdana hari Jumat.

Zendaya dilaporkan beberapa inci lebih tinggi dari Holland dan keduanya mengajukan pertanyaan tentang perbedaan tinggi selama tur pers yang oleh penggemar dan pembela sengit dari pasangan dicap sebagai “misoginis.”
Zendaya dan Tom Holland tidak bisa memberikan sedikit [masukkan sumpah serapah yang Anda pilih di sini] tentang perbedaan tinggi badan mereka. pic.twitter.com/ugpWdI4yJs

— BuzzFeed (@BuzzFeed) 11 Desember 2021

Sekali lagi, pasukan media sosial Spider-Man siap bertarung.
if zendaya dapat berkencan dengan raja pendek, tidak ada alasan Anda tidak bisa. kamu bilang kamu pikir kamu lebih baik dari zendaya?? ZENDAYA???

— sher🥺 (@sherrysworld) 14 Desember 2021

Penjahat siber dapat dengan mudah menyembunyikan umpan mereka dalam kesibukan aktivitas online Spider-Man ini, kata para peneliti. Faktanya, ini memberikan lingkungan yang ideal bagi penjahat dunia maya untuk meluncurkan kampanye phishing yang sukses.

Akal sehat adalah pendekatan terbaik untuk pertahanan: “Kami mendorong pengguna untuk waspada terhadap halaman yang mereka kunjungi dan tidak mengunduh file dari situs yang belum diverifikasi,” kata Shcherbakova.