7 Dompet Crypto Non-Penahanan Terbaik

Menyimpan aset digital Anda adalah bagian penting dari perjalanan investasi kripto Anda, dan dompet non-penahanan menjadi lebih umum karena bidang keuangan terdesentralisasi terus berkembang pesat.

Dompet non-penahanan adalah dompet digital yang memungkinkan pengguna untuk mengambil kepemilikan penuh atas aset mereka . Nama (non-penahanan) berasal dari fakta bahwa dompet itu sendiri tidak memiliki penyimpanan kripto Anda, melainkan berfungsi sebagai antarmuka yang memungkinkan Anda mengaksesnya dengan mudah sambil juga memungkinkan integrasi pihak ketiga.

Ini adalah perbedaan utama antara solusi kustodian dan non-penahanan – kepemilikan. Di sisi lain – dengan dompet kustodian – itu adalah perusahaan yang menawarkan layanan yang melindungi dan menyimpan kripto Anda. Misalnya, pertukaran mata uang kripto terpusat seringkali merupakan penjaga, yang berarti bahwa mereka menyimpan kripto Anda untuk Anda, dan kunci pribadi tidak dipegang oleh Anda.

Di sinilah salah satu pepatah paling populer di industri ini berperan – “bukan kunci Anda – bukan Bitcoin Anda.” Tentu saja, ini dapat diperluas ke setiap cryptocurrency.

Dompet non-penahanan lainnya memungkinkan Anda untuk mempertahankan kepemilikan penuh atas aset Anda, dan Andalah yang perlu menyimpan kunci pribadi Anda. Tentu saja, ini datang dengan risiko dan tantangannya. Jika Anda memilih untuk menggunakan dompet non-penahanan, Anda bertanggung jawab penuh untuk melindungi kunci pribadi Anda. Jika karena alasan apa pun Anda kehilangan kunci, maka Anda kehilangan akses ke dana Anda, dan tidak ada yang dapat dilakukan oleh penyedia dompet untuk membantu Anda mengambilnya kembali.

Dompet kripto non-penahanan tidak cocok untuk siapa pun yang tidak dapat menangani tanggung jawab penyimpanan tunggal dan menjaga kunci pribadi mereka.

Dengan itu, berikut adalah delapan dompet cryptocurrency non-penahanan terbaik pada 2022.

MetaMask

MetaMask adalah veteran di bidang dompet ekstensi browser, dan diluncurkan pada tahun 2016 oleh teknologi blockchain yang memimpin pasar perusahaan, ConsenSys. Sejak itu, dompet ini telah berkembang menjadi dompet non-penahanan yang paling populer. Ini sebagian besar karena itu adalah satu-satunya opsi yang tersedia selama booming DeFi besar-besaran pada musim panas 2020, yang kemudian dikenal sebagai musim panas DeFi. Selama setahun terakhir, salah satu penggunaan utama MetaMask adalah integrasi dengan pasar OpenSea yang populer, untuk pembelian dan penjualan NFTs.

MetaMask memungkinkan pengguna untuk membuat token dompet berbasis ERC-20, tetapi juga dapat diintegrasikan untuk berfungsi di lain Jaringan EVM seperti BNB Chain, Polygon, Optimism, dan Arbitrum. Selain itu, dompet kripto berfungsi sebagai ekstensi browser yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi terdesentralisasi (dApps) yang dibangun di atas Ethereum dan jaringan lain yang kompatibel dengan EVM.

Ini juga memiliki fitur swap internal yang memungkinkan pengguna dengan cepat menukar satu token dengan token lainnya. tanpa mengakses pertukaran terdesentralisasi (DEX).

MetaMask sama sekali tidak mengambil kepemilikan atau pemeliharaan frase benih dan kunci pribadi Anda, memberi Anda kedaulatan penuh atas aset Anda.

Pada sisi negatifnya, MetaMask hanya menyediakan dukungan untuk blockchain Ethereum dan jaringan yang dibangun menggunakan Mesin Virtual Ethereum (EVM). Ini berarti Anda tidak dapat menggunakan MetaMask untuk menyimpan cryptocurrency seperti Bitcoin (BTC) dan Solana (SOL).

Coinbase Wallet

 

Seperti namanya, Coinbase Wallet dibuat oleh pertukaran cryptocurrency terkemuka di AS, Coinbase dan dengan cepat berkembang menjadi dompet pilihan untuk berbagai alasan.

Pertama, Coinbase Wallet menawarkan pengalaman pengguna yang akrab dengan solusi yang ada, membuat transisi menjadi sangat mudah bagi mereka yang sudah memiliki dompet penyimpanan mandiri. Namun, pada saat yang sama, ia membawa reputasi merek Coinbase, yang – dengan hampir 90 juta pengguna di seluruh dunia – merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan.

Dompet diluncurkan pada 2018 dan telah dikenal luas sebagai salah satu dompet paling mudah -untuk menggunakan solusi penyimpanan mandiri di pasar.

Coinbase Wallet mendukung Ethereum dan semua blockchain yang kompatibel dengan EVM dan dapat dipasang sebagai ekstensi Chrome seperti MetaMask. Namun, tidak seperti MM, ekstensi Coinbase Wallet juga mendukung token Solana dan SPL.

Coinbase Wallet juga dilengkapi dengan aplikasi seluler yang dikembangkan sepenuhnya yang sangat nyaman, cepat, dan mudah dipasang. Di luar pengalaman pengguna yang mulus, aplikasi seluler juga menambahkan dukungan untuk memegang beberapa token utama yang tidak kompatibel dengan EVM seperti Bitcoin, Dogecoin, Litecoin, Ripple, dan banyak lagi.

Coinbase Wallet beroperasi secara independen dari perusahaan induknya dengan cara yang tidak memerlukan segala jenis pendaftaran, KYC, atau akun Coinbase. Jika Anda menginginkannya, Anda memiliki opsi untuk menghubungkan Dompet Coinbase Anda ke akun kustodian Coinbase, memberikan pengguna pertukaran terpusat Coinbase dengan opsi untuk mentransfer aset dengan cepat dari satu ke yang lain. Sekali lagi, ini 100% opsional.

Trust Wallet

 

Trust Wallet adalah aplikasi dompet kripto sumber terbuka dan terdesentralisasi yang menawarkan kepada pengguna berbagai pilihan untuk membeli, menjual, dan menyimpan aset digital.

Trust Wallet saat ini menyediakan dukungan untuk lebih dari 35 blockchain dan lebih banyak lagi dari 160 aset digital yang berbeda. Dompet ini memiliki fitur pembelian, pertukaran, dan pertukaran internal yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menukar satu aset kripto dengan aset kripto lainnya atau membeli kripto dengan fiat.

Pengguna juga dapat berinteraksi dengan dapps di Ethereum dan 14 ekosistem lain yang kompatibel dengan EVM tanpa mengorbankan keamanan dan privasi . Dompet ini tersedia di perangkat iOS, Android, dan desktop.

Pada Juli 2018, Trust Wallet dibeli oleh pertukaran mata uang kripto terkemuka, Binance.

MyEtherWallet

 

MyEtherWallet (MEW) adalah veteran di bidang ini, dan lebih ditujukan untuk pengguna dengan teknis background.Ini adalah antarmuka sisi klien gratis yang dirancang untuk membantu pengguna dengan blockchain Ethereum. Ini sangat mudah digunakan, meskipun sedikit lebih teknis dibandingkan dengan yang lain dalam daftar.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa itu sepenuhnya open source. Sama seperti banyak dompet lain di daftar kami, MEW juga mendukung jaringan tambahan yang kompatibel dengan Ethereum. Ini termasuk Ethereum Classic (ETC), Rantai BNB, Polygon, dan sebagainya.

MEW juga dirancang untuk memberikan kemampuan pertukaran lintas rantai di mana pengguna dapat bertukar antara Eter dan Bitcoin, Litecoin, atau Dogecoin. Ini bekerja dengan beberapa agregator pertukaran terdesentralisasi seperti 1 inci untuk memberikan harga terbaik jika Anda memutuskan untuk menukar dari antarmuka secara langsung.

MyEtherWallet juga memiliki versi aplikasi untuk dompet webnya, panduan terperinci dapat ditemukan di sini.

Coinomi

 

Coinomi adalah pilihan populer lainnya dengan sejarah yang kaya. Dompet multi-mata uang ini diluncurkan pada tahun 2014, menjadikannya salah satu dompet non-penahanan tertua di pasar.

Ini mendukung sekitar 125 jaringan dan lebih dari 1.770 aset digital, beberapa di antaranya dapat ditransfer melalui SegWit untuk membuat transaksi lebih ringan. Coinomi memberi pengguna akses langsung ke dApps, beberapa proyek Web3, pertukaran internalnya, dan pertukaran token langsung.

Coinomi juga memiliki fitur keamanan yang ketat dan tersedia untuk berbagai pengguna dari berbagai sistem operasi dan perangkat, termasuk Android, iOS, Windows, macOS, dan Linux. Ini juga tersedia dalam delapan bahasa yang berbeda.

Exodus

 

Exodus adalah dompet multi-mata uang, non-penahanan yang dirancang untuk berjalan di perangkat Windows, Linux, Mac, serta Android, dan iOS. Dompet ini terutama difokuskan pada pengguna yang belum pernah berinteraksi dengan kripto sebelumnya, oleh karena itu dompet ini menawarkan antarmuka yang apik dan mudah dipelajari.

Exodus dirancang untuk menyediakan manajemen portofolio dan layanan pertukaran kripto. Dengan demikian, pengguna dapat menyimpan, mengelola, dan memperdagangkan cryptocurrency dari satu antarmuka. Ini mendukung lebih dari 130 cryptocurrency yang berbeda, termasuk BTC, ETH, BNB, SOL, dan DOGE.

Fitur lain dari dompet ini adalah ia menawarkan kepada pengguna cara bebas risiko untuk menghasilkan uang dari crypto mereka. Saat pengguna melakukan pembelian kripto-ke-kripto, Exodus memberi mereka persentase keuntungan. Hadiah dikirim langsung ke akun pengguna.

BRD

 

Sementara beberapa dompet non-penahanan dipenuhi dengan proses orientasi yang ekstensif dan antarmuka pengguna yang kompleks, BRD percaya pada kesederhanaan.

Sebelumnya dikenal sebagai BreadWallet, desain BRD intuitif dan cocok untuk investor baru. Faktanya, dompet memiliki tutorial bawaan untuk investor yang baru memulai di ruang crypto.

BRD mendukung sebagian besar cryptocurrency teratas di pasar, termasuk BTC, ETH, BCH, XRP, dan semua token standar ERC-20 . Ia juga menerima pembayaran untuk pembelian kripto di lebih dari 35 mata uang fiat yang berbeda.

Meskipun menerapkan desain sederhana pada antarmukanya, langkah-langkah keamanan BRD sangat sederhana. Ini menggunakan sejumlah fitur keamanan canggih yang diarahkan untuk melindungi aset pengguna dan informasi pribadi.

Selain fitur non-penahanannya, yang memungkinkan hanya pemilik dompet untuk mengontrol dana mereka, BRD menggunakan Verifikasi Pembayaran yang Disederhanakan (SPV). SPV menghubungkan pengguna langsung ke jaringan Bitcoin, meningkatkan kecepatan transaksi dan meningkatkan keamanan karena tidak ada server untuk diretas.

Dompet memiliki fitur keamanan penting lainnya, termasuk enkripsi perangkat keras AES, tanda tangan kode, ID sentuh, dan 6-digit PIN untuk keamanan ekstra.

Apa Dompet Crypto Non-Penahanan Terbaik untuk Anda?

 

Memilih dompet kripto non-penahanan terbaik yang tepat untuk Anda mungkin sulit untuk dipecahkan, mengingat banyaknya pilihan yang tersedia. Namun, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor tertentu sebelum memutuskan dompet mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pengalaman Anda.

Apakah Anda ahli atau baru mengenal kripto? Apakah Anda menginginkan dompet dengan fitur swap internal dan browser dapp? Apakah Anda menginginkan dompet yang berfungsi paling baik di seluler, desktop, atau keduanya? Jenis mata uang kripto apa yang ingin Anda simpan dan investasikan?

Jawaban atas pertanyaan di atas akan membantu Anda memilih dompet kripto yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, ingat bahwa dengan dompet non-penahanan, Anda bertanggung jawab penuh atas keamanan dana Anda, jadi keamanan harus selalu menjadi prioritas utama Anda untuk memastikan bahwa Anda melindungi aset Anda setiap saat.

Inilah sebabnya Anda harus lihat panduan ekstensif kami tentang keamanan kripto.

Pro dan Kontra Dompet Cryptocurrency Non-Penahanan

 

Dompet penyimpanan mandiri hadir dengan sejumlah manfaat yang disukai banyak pengguna asli cryptocurrency, tetapi mereka juga memiliki kekurangan. Semua ini sepenuhnya subjektif dan bergantung pada preferensi pengguna, serta latar belakang teknis.

Artikel ini disadur dari cryptopotato.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.