AkuDreams, Project NFT Yang Gagal & Kena Hack Sebelum Berkembang

AkuDreams mengatakan akan memprioritaskan pengembalian dana kepada pengguna setelah peluncurannya yang kacau.

Peluncuran AkuDreams yang banyak digembar-gemborkan telah berubah menjadi mimpi buruk bagi tim di balik proyek tersebut.

Koleksi avatar yang sangat dinanti-nantikan ditayangkan dengan Lelang Belanda Jumat, tetapi mengalami serangkaian kemunduran karena masalah dalam kode kontrak pintar. Lelang dibuka pada 3,5 Ethereum dengan premis bahwa tawaran terendah akan menetapkan harga akhir, dan siapa pun yang mengajukan tawaran lebih tinggi akan menerima pengembalian dana. Pemegang pass AkuDreams juga dijanjikan diskon 0,5 Ethereum untuk setiap NFT yang mereka cetak.

Karena bug dalam kontrak, pengeksploitasi dapat menghentikan pengembalian uang dan penarikan dari kontrak, yang berarti peserta lelang yang menawar di atas harga NFT final tidak dapat menerima Ethereum yang menjadi hutang mereka. Akibatnya, pengembalian uang dan penarikan dari kontrak tidak dapat diproses. Pengembang crypto 0xInuarashi dan foobar memposting badai tweet yang menjelaskan eksploitasi, yang membantu membawa perhatian pada insiden tersebut.

Penyerang mengeksekusi exploit dan kemudian membuka blokirnya setelah menyoroti masalah dalam serangkaian pesan on-chain, yang berarti bahwa pengguna dapat menerima pengembalian uang mereka. “Yah, ini menyenangkan, tidak ada niat untuk benar-benar mengeksploitasi ini lol. Kalau tidak, saya tidak akan menggunakan coinbase. Setelah kalian secara terbuka mengakui bahwa eksploitasi itu ada, saya akan segera menghapus blok tersebut. – USER221” satu pesan dibaca.

Tim AkuDreams mengakui masalah ini Sabtu pagi, mengatakan bahwa eksploitasi itu “tidak dilakukan karena niat jahat” dan bahwa mereka sedang menyelidiki insiden tersebut. “Agar jelas ini kesalahan kami,” tambah pengumuman itu setelah tim berjanji akan mengembalikan dana ke masyarakat. Kemudian dikonfirmasi bahwa NFT akan dikirimkan ke penawar, dan itu akan menghormati pengembalian uang untuk pemegang pass yang berutang diskon 0,5 Ethereum.

Sementara sepertinya tim membuat upaya untuk memastikan komunitas menjadi utuh, tim itu sendiri tidak lepas begitu saja. Pengambilannya, yang berjumlah 11.539,5 Ethereum, masih terkunci di dalam kontrak karena eksploitasi tambahan. Itu sekitar $34,2 juta yang kemungkinan akan hilang selamanya.

Artikel ini disadur dari cryptobriefing.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.