Analisis Harga ETH: Ethereum Turun 5% Setiap Minggu, apakah $3.000 dalam Play?

Setelah tiga minggu tren naik yang kuat, Ethereum kehilangan hampir 10% dari kapitalisasi pasarnya dalam beberapa hari, turun dari level tertinggi di $3547 pada awal minggu menjadi $3143. Pasar saham AS juga menelusuri kembali setelah tren naik 20 hari. Dalam analisis ini, kita akan memeriksa di mana level-level kunci.

Analisis Teknis

Oleh: Grizzly

The Daily Chart:
Sumber: TradingView
Pada jangka waktu harian, bulls mundur setelah gagal menembus resistance di $3600, dan bear mampu mendorong harga turun ke $3143. ETH saat ini sedang berjuang dengan MA20 harian yang terletak di $3224, dan akan sangat menjanjikan jika bulls dapat menutup candle di atasnya.

Perhatian penting saat ini adalah bahwa banyak peserta khawatir tentang penurunan harga lebih lanjut. MA50 dan MA100 harian terletak di $2900-$3000 karena zona support tampaknya kuat, dan jika bear mendorong harga di bawahnya, tren naik baru-baru ini kemungkinan akan dianggap berakhir, dan kita mungkin harus bersiap untuk level yang lebih rendah. Sebaliknya, pembeli harus menembus MA200 dan resistance statis di $3600 untuk membentuk tren naik baru, yang dapat mendorong harga bahkan di atas $4,000.

Indikator RSI 30 hari masih berada di area bullish dan bergerak di atas garis menaik (ditandai oleh ungu).

Grafik 4 Jam:
Sumber: TradingView
Pada jangka waktu 4 jam, divergensi yang terbentuk di bawah level kunci resistensi yang disebutkan dalam analisis 5 April menyebabkan harga terkoreksi, dan Ethereum turun di bawah MA100 (ditandai dengan biru) . Berita buruknya adalah ETH sedang membentuk lower low, yang secara teknis merupakan awal dari tren turun.

Untuk menghindari ini, bulls perlu mendorong harga di atas $3257.

On-chain Analysis
Active Sending Addresses (SMA 14) Sumber: Santiment
MVRV menunjukkan rata-rata untung/rugi semua koin yang saat ini beredar dengan harga saat ini. MVRV 60d dihitung pada koin/token yang bergerak setidaknya sekali dalam 60 hari terakhir.

MVRV 60d dapat bergerak di atas baseline dengan momentum yang baik (itu adalah pertama kalinya setelah mencatat rekor tertinggi sepanjang masa) dan sekarang telah berubah arah. Tentu saja, ini belum mengkhawatirkan, dan selama metrik ini berada di atas garis dasar, orang dapat berharap bahwa tren naik akan terus berlanjut. Tapi itu menembus garis dasar, ini mungkin menghentikan harapan bullish.

Saat ini, tampaknya menahan dukungan teknis lebih penting dan memiliki dampak psikologis yang lebih besar.

Artikel ini disadur dari cryptopotato.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.