Apa Itu Dogecoin?

Memcoin asli, Dogecoin, membawa cryptocurrency menjadi sorotan media arus utama. Kenaikan popularitasnya tidak kalah bersejarah. Dari sinilah asalnya dan mengapa semua orang tidak bisa berhenti membicarakannya.

Awal Mula Doge

Perjalanan Dogecoin dari awal kemungkinan telah mengubah dunia uang seperti yang kita kenal selamanya. Cryptocurrency mendapatkan daya tarik di tahun-tahun sebelum ketenaran Dogecoin. Tetapi ketika Dogecoin berhasil masuk ke umpan media sosial semua orang, diskusi tentang cryptocurrency menjadi hal biasa. Dan itulah tujuan pendiri Dogecoin Billy Markus dan Jackson Palmer.

Dogecoin dibuat dengan harapan membuat cryptocurrency lebih mudah diakses. Markus dan Palmer percaya bahwa Bitcoin tidak jelas dan sulit untuk digunakan. Mereka ingin merancang mata uang peer-to-peer yang diselimuti lebih sedikit misteri dan tidak terkait dengan kejahatan web gelap. Untuk membantu mendapatkan ketenaran, meme “doge” shiba inu 2013 yang beredar di internet dipilih sebagai logo untuk membantu mendapatkan ketenaran dengan khalayak yang lebih luas.

Salah satu gambar meme “doge” pertama yang muncul secara online. Atsuko Sato (foto asli)Satu Langkah Kecil untuk Manusia, Satu Lompatan Raksasa untuk Doge

Dogecoin memiliki kesamaan dengan banyak mata uang kripto lainnya meskipun berstatus memecoin. Ini aman dan tidak berubah. Ini menggunakan mekanisme konsensus bukti kerja. Dogecoin dapat dibeli dan dijual di banyak bursa seperti mata uang kripto lainnya. Bahkan dapat digunakan sebagai pembayaran untuk layanan dan produk. Tapi butuh beberapa saat sebelum status ini dicapai sebagai memecoin pertama yang mendapatkan perhatian global.

Sejak 2013, Dogecoin mendapatkan momentum dan perhatian sebentar-sebentar. Selama paruh kedua tahun 2020, Dogecoin mulai menjadi tren di situs media sosial. Saat itu nilainya hanya $0,003. Orang-orang mulai membeli Dogecoin dengan harapan menaikkan harganya. Ya, itu berhasil.

Dogecoin melambung ke media arus utama pada tahun 2021. Pada pertengahan Januari, Dogecoin mendapat perhatian dari sekelompok selebriti dan pengusaha terkemuka. Yang paling terkenal, Elon Musk mendukung Dogecoin di Twitter beberapa kali antara tahun 2020 dan 2021. Berkat perhatian luas, pada Februari 2021, Dogecoin mencapai harga $0,08, peningkatan 2.500%.

Setelah sedikit jeda, kenaikan berlanjut hingga April ketika salah satu dari pertukaran cryptocurrency yang paling banyak digunakan, Coinbase, terdaftar Dogecoin. Daftar ini mendorong Dogecoin ke level tertinggi baru sepanjang masa di $0,41. Pada satu titik selama reli ini, Dogecoin adalah cryptocurrency terbesar kelima berdasarkan kapitalisasi pasar. Bahkan bursa saham dan cryptocurrency yang banyak digunakan, Robinhood, mengalami pemadaman karena lalu lintas dalam jumlah besar dari orang-orang yang memperdagangkan Dogecoin.

Puncak dari histeria Dogecoin mencapai puncaknya ketika Elon Musk menjadi tuan rumah Saturday Night Live pada minggu pertama Mei 2021. Dalam memimpin- hingga penampilannya, Dogecoin meroket menjadi $0,72. Dari Desember 2020 hingga puncaknya pada Mei 2021, Dogecoin naik hampir 24.000%.

Dogecoin Tetap Relevan

Dogecoin mungkin belum kehabisan tenaga. Musk mengumumkan pada akhir tahun 2021 bahwa Tesla akan mulai menerima memecoin sebagai bentuk pembayaran resmi untuk produk tertentu. Dan dia tidak sendirian. Perusahaan bioskop AMC mengumumkan pada April 2022 bahwa penonton film sekarang dapat membeli tiket dengan Dogecoin. Platform streaming langsung nomor satu, Twitch, memungkinkan pengguna membayar di Dogecoin. Pada bulan April 2022, berita tentang Musk yang mengajukan tawaran untuk membeli Twitter menempatkan mata uang di tengah panggung lagi ketika rumor mengintegrasikan pembayaran Dogecoin di platform media sosial beredar.

Masa depan Dogecoin tetap kontroversial dan belum jelas. Ada pendukung yang berpendapat itu adalah bentuk mata uang yang sah. Beberapa orang percaya bahwa itu adalah lelucon yang lengkap dan tidak memiliki nilai intrinsik. Hal-hal aneh telah terjadi karena internet. Hanya waktu yang akan memberi tahu apakah Dogecoin akan tetap ada atau memudar sebagai keajaiban satu pukulan.

Itulah berita seputar Apa Itu Dogecoin?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.