Bank Sentral Meksiko Akan Meluncurkan CBDC Dalam 3 Tahun

Pada 21 April, Victoria Rodriguez Ceja, Gubernur Bank of Mexico (Banxico), mengatakan selama dengar pendapat di hadapan Senat Meksiko bahwa CBDC (MDBC) “akan beredar” pada tahun 2025.

Menurut Rodriguez, CBDC akan memungkinkan lebih besar inklusi keuangan bagi warga sambil memperluas opsi pembayaran yang ada. Mereka juga berharap untuk menerapkan mekanisme otomatisasi baru untuk mempercepat proses pembayaran.

“Mata uang digital berupaya menghasilkan alat pembayaran yang ditujukan untuk inklusi keuangan, memperluas opsi untuk pembayaran yang cepat, aman, efisien, dan dapat dioperasikan dalam perekonomian, dan menerapkan fungsi pelengkap untuk alat pembayaran (yang ada), seperti mekanisme otomatisasi, kemampuan program, dan inovasi.”

Ini akan sedikit menunda jadwal sebelumnya yang dibagikan oleh Bank Sentral. Pada tanggal 31 Desember 2021, Cryptopotato melaporkan bahwa negara tersebut telah memikirkan 2024 sebagai tahun untuk meluncurkan CBDC. Pengumuman tersebut, bagaimanapun, memberikan gagasan bahwa CBDC Meksiko dapat mendukung lebih banyak layanan daripada hanya transmisi nilai.

Banco de México Sedang Berpikir untuk Mengatur Cryptocurrency

Meskipun Presiden Meksiko Manuel López Obrador mengesampingkan kemungkinan mengadopsi Bitcoin atau cryptocurrency apa pun sebagai alat pembayaran yang sah di negara tersebut , bank sentral Meksiko sendiri sekarang berusaha memberi mereka legalitas yang lebih besar melalui regulasi.

Rodriguez mengatakan bahwa Banxico dan kelompok bank sentral lainnya sedang mempelajari kemungkinan mengatur penggunaan mata uang kripto di negara itu untuk melindungi warga negara saat melakukan transaksi karena transaksi semacam itu tidak dilindungi atau diatur oleh Bank of Mexico.

“[Beberapa] kelompok bank sentral, di mana Banxico berpartisipasi, sedang meninjau masalah [peraturan] ini untuk lebih melindungi mereka yang berpartisipasi dalam sistem keuangan.”

Ini berarti bahwa meskipun Meksiko meluncurkan mata uang digitalnya sendiri (sangat berbeda dari a cryptocurrency), negara ini tidak ingin ketinggalan dalam hal regulasi industri kripto yang lebih luas, yang juga akan membantu Pemerintah untuk mengumpulkan lebih banyak pajak, seperti yang terjadi di negara lain seperti Spanyol, Amerika Serikat, dan Brasil.

CBDC Bukan Cryptocurrency

Gubernur Banxico mengklarifikasi posisi menguntungkan bank terhadap regulasi masa depan industri kripto; namun, dia menekankan bahwa cryptocurrency sangat berbeda dari CBDC karena sifatnya yang terdesentralisasi, yang memungkinkan warga untuk memiliki kendali penuh atas uang mereka.

Dia menjelaskan, bagaimanapun, bahwa keuntungan dari CBDC adalah bahwa mereka didukung oleh Pemerintah, karena CBDC adalah hanya ekspresi digital dari uang kertas yang kita semua tahu dan gunakan.

Di sisi lain, dia menambahkan bahwa CBDC baru ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan mata uang tradisional atau uang kertas yang beredar. Namun, ini akan menjadi alternatif strategis untuk alat pembayaran saat ini.

Bank of Mexico bekerja sama dengan Bank of International Settlements untuk mengembangkan CBDC; namun, jalannya tidak mudah. Ada banyak pekerjaan di depan. Baru-baru ini, senator pro-bitcoin Indira Kempis memperkenalkan RUU untuk memasukkan CBDC ke dalam sistem hukum, membuka jalan bagi implementasi yang sukses.

Artikel ini disadur dari cryptopotato.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.