Integrasi pasar Solana NFT dan metrik DApp bersinar bahkan setelah penurunan 20% dari SOL

Harga
Solana (SOL) mencapai $143,50 pada 2 April setelah reli 82% yang luar biasa selama periode 20 hari. Kinerja positif ini dapat dikaitkan dengan berita terkait pasar NFT baru-baru ini dan pemantulan di seluruh pasar, tetapi penurunan 22,7% saat ini dapat membuat investor bingung.
[ img src=”https://s3.cointelegraph.com/uploads/2022-04/ef1b85b9-dc94-4a84-8f7d-b1e3ea5774d6.png”>Solana/USDT di FTX. Sumber: TradingView
Rally dimulai setelah Coinbase Wallet menambahkan dukungan untuk SOL dan token blockchain berbasis Solana lainnya pada 18 Maret. Pertukaran crypto juga menguraikan rencana untuk “lebih berintegrasi” dengan Solana dengan menghubungkan Coinbase Wallet dengan aplikasi terdesentralisasi (DApps) dan nonfungible tokens (NFTs) yang dihosting di network.

Harapan integrasi OpenSea dari jaringan Solana juga menarik minat investor. Ini berarti Solana akan bergabung dengan Ethereum, Polygon, dan Klaytn karena opsi pembayaran terlihat di tab drop-down “semua rantai” di halaman “peringkat” OpenSea.

Strategi Solana untuk fokus pada pasar NFT tampaknya telah terbayar karena blockchain layer-1 jaringan telah naik ke posisi ketiga sepanjang masa dalam total penjualan NFT pada 6 April. Selain itu, akumulasi data 30 hari terakhir menunjukkan Solana mengumpulkan penjualan NFT senilai $216 juta.

Setoran DApp Solana sedang menurun

Metrik aplikasi desentralisasi (DApp) utama Solana mulai menunjukkan kelemahan pada akhir Maret setelah nilai total jaringan terkunci (TVL) turun di bawah SOL 50 juta.
Solana jaringan Nilai Total Terkunci, SOL. Sumber: DefiLlama
Bagan di atas menunjukkan bagaimana deposit DApp Solana mengalami penurunan 30% dalam tiga minggu karena indikator mencapai level terendah sejak 20 September 2021. Sebagai perbandingan, TVL Terra meningkat sebesar 34% year-to-date, sementara Fantom deposit jaringan tumbuh sebesar 30%.

Sisi baiknya, pada tanggal 5 April, Neon merilis versi alfa untuk solusi kompatibilitas dan penskalaan Solana Ethereum Virtual Machine (EVM) pertama dan pada tanggal 7 April, Solana mengumumkan bahwa lebih dari 1,6 juta alamat jaringan saat ini memegang aplikasi DeFi NFT.

A menonjol di depan kerumunan

Untuk mengonfirmasi apakah penurunan TVL mengkhawatirkan, seseorang harus menganalisis metrik penggunaan DApp.
Data rantai 30 hari Solana DApps. Sumber: DappRadar
Seperti yang ditunjukkan oleh data DappRadar pada 8 April, jumlah alamat jaringan Solana yang berinteraksi dengan aplikasi terdesentralisasi meningkat rata-rata 11%. Orca, pertukaran terdesentralisasi yang ramah pengguna (DEX), adalah sorotan mutlak, mengumpulkan 153.290 pengguna.

Meskipun TVL Solana telah terpukul paling keras dibandingkan dengan platform kontrak pintar serupa, ada penggunaan jaringan yang solid di pasar DeFi dan NFT, seperti yang diukur oleh 212.230 alamat aktif Magic Eden dalam 30 hari terakhir.

Data di atas menunjukkan bahwa investor Solana tidak perlu khawatir dengan koreksi terbaru. Ekosistem Solana didorong oleh penyampaian tonggak penting menuju kompatibilitas Ethereum dan integrasi pasar NFT dan selama ini terjadi, potensi apresiasi harga lebih lanjut tampaknya mungkin terjadi.

Pandangan dan pendapat yang diungkapkan di sini adalah sepenuhnya milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan Cointelegraph. Setiap langkah investasi dan perdagangan melibatkan risiko. Anda harus melakukan riset sendiri saat membuat keputusan.

Artikel ini disadur dari cointelegraph.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.