Mengapa NFT Membutuhkan `Airbnb dari Metaverse` untuk Berkembang

Token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT) telah beralih dari ceruk ke arus utama dalam satu tahun terakhir, dengan pertumbuhan volume penjualan yang eksplosif disertai dengan kasus penggunaan inovatif untuk token yang unik secara kriptografis. Komunitas baru yang semarak telah muncul di sekitar NFT yang terkait dengan olahraga, seni digital, musik, dan film.

. Namun, bahkan saat merek baru, pengalaman game, dan metaverse sedang dibangun, lapisan keuangan terkait masih belum berkembang.

Ini adalah area yang harus diperhatikan, dan penuh dengan turunan opsi untuk fraksinasi NFT, pinjaman, dan lainnya, kata Daniel Yan, mitra pendiri dan chief operating officer diMatrixport, platform layanan keuangan berbasis di Singapura dengan aset klien senilai $10 miliar yang dikelola.

“Dengan NFT sebagai kelas aset, NFT mulai menjadi besar-besaran,” kata Yan kepada Decrypt.

Masa depan cair untuk NFTs
Masalah kritis likuiditas adalah “kunci” untuk membangun lapisan keuangan yang kuat yang merupakan bagian integral dari pertumbuhan sektor yang sehat, kata Yan. “Likuiditas membantu Anda menumbuhkan sesuatu lebih cepat dari yang Anda harapkan.”

Saat ini, masih terlalu mahal atau sulit untuk meminjamkan dan menghasilkan bunga dari NFT bernilai tinggi, seperti Kera Bosan. Tetapi tanpa sarana untuk memonetisasi NFT, industri tidak akan dapat memenuhi janji awalnya.

11/ Jika Anda membangun di ruang ini, kami akan senang mendengar dari Anda! Silakan hubungi @looksrare_eth atau hubungi email di artikel menengah kamihttps://t.co/CC60LAixv7

— Matrixport (@realMatrixport) 1 April 2022

Jadi meskipun marketplaceOpenSea memimpin perdagangan antara $50-120 juta setiap hari, jatuh tempo ini belum untuk membuat kehadirannya terasa di industri yang lebih luas. “Segala sesuatu yang lain terlalu prematur,” kata Yan, menunjukkan bahwa volume perdagangan NFT terfraksionasi, pinjaman dan sewa NFT berada di kisaran satu juta dolar per hari, atau kurang.

Tapi itu akan berubah, kata Yan, menyoroti lima vertikal yang Matrixport telah diidentifikasi sebagai matang untuk pertumbuhan dalam laporan terbaru pada lapisan keuangan untuk NFT. Mereka termasuk fraksionalisasi NFT, pinjaman, persewaan, penetapan harga, dan aggregators.

1.NFT Fractionalisasi
Satu area dengan potensi peningkatan volume perdagangan adalah NFT yang difraksinasi. Jika NFT, pada dasarnya, dipecah menjadi beberapa bagian, dan dijual dalam pecahan, mereka menjadi lebih kecil dan lebih dapat diperdagangkan—lebih likuid.

“Ada permintaan alami akan likuiditas untuk dikumpulkan di suatu tempat karena orang dapat menggunakannya untuk berdagang dan menggunakannya sebagai jaminan,” Yan menjelaskan.

“Fraksionalisasi, persewaan, dan penetapan harga sangat penting untuk kesehatan industri [NFT].”

—Daniel Yan

Ini adalah sudut industri yang tidak kekurangan infrastruktur. Pemain kunci yang diidentifikasi oleh Matrixport termasuk NFTX, yang menargetkan fraksinasi harga dasar NFT—harga minimum untuk seluruh grup. Proyek ini telah meluncurkan brankas NFT untuk proyek-proyek populer, dan brankas CryptoPunks-nya memiliki $ 20 juta dalam Total Value Locked (TVL).

Proyek lain dengan potensi isFractional.art, yang berfokus pada NFT langka, di samping metode untuk fraksinasi dan penyambungan kembali token.

Terakhir Juni, kolektif akuisisi seni PleasrDAO membeli NFT asli dari meme Doge seharga $4 juta. Mereka berhasil membaginya di Fractional.art, dan hasilnya adalah token $DOG, yang mencapai kapitalisasi pasar lebih dari $500 juta hanya beberapa hari setelah diluncurkan. segment.

Yang pertama adalah peer-to-peer (P2P), yang kekurangan likuiditas dan skalabilitas, dan yang kedua terdiri dari kumpulan likuiditas, yang menggunakan harga dasar untuk memungkinkan pinjaman menggunakan NFT sebagai jaminan. Ada masalah dengan pendekatan ini karena perbedaan potensial dalam skor kelangkaan di kumpulan yang berbeda. “Saya hanya tidak yakin itu solusinya,” kata proyek Yan.

Active di ruang yang diidentifikasi oleh Matrixport termasuk MetaStreet, yang bertindak sebagai penyedia likuiditas untuk protokol pinjaman NFT P2P, dan Bridgesplit, protokol pinjaman NFT berbasis kumpulan likuiditas di Solana.

Peminjam sering kali adalah orang yang memegang NFT dengan nilai yang relatif masuk akal, dan mereka ingin dapat mengakses dana, tanpa menjual, karena mereka yakin nilainya akan meningkat.

Sementara itu, pemberi pinjaman adalah orang yang ingin membuat bunga. Mereka dengan senang hati mengambil risiko pinjaman NFT yang dijaminkan ini, dan ada banyak cara berbeda untuk merancangnya.

3.NFT Rental
Peluang sewa NFT dibagi menjadi dua sektor: tanah di wilayah virtual sepertiDecentraland, dan instrumen game.

Dengan perdagangan tanah virtual tangan untuk jutaan dolar, tidak mengherankan bahwa spekulan mengambil NFT tanah untuk flip. Tetapi beberapa lebih suka menyewa—dan dengan senang hati membayar ruang real estat virtual utama untuk membangun, atau menjadi tuan rumah klub atau pasar dan menghasilkan uang—sama seperti di kehidupan nyata, kata Yan.

Kasus penggunaan baru, seperti pemesanan atau menyewakan NFT, berpotensi mengarah pada sesuatu seperti “Airbnb dari metaverse,” menurut analisis Matrixport. Tapi ledakan sewa di metaverse akan memakan waktu.

Area lain yang berkembang dari pasar sewa adalah di sekitar game play-to-earn seperti Axie Infinity, di mana pemain bertarung dengan monster bergaya Pokémon yang diwakili oleh NFT. Melalui apa yang disebut program “beasiswa”, pemain dapat menyewakan Axies yang populer, dengan pemilik mendapatkan sekitar 15% dari setiap keuntungan.

Ini adalah sektor yang menarik dan, meskipun perkembangannya mungkin tidak cepat, “permintaan dan penawaran akan secara alami datang bersamaan. dengan pertumbuhan metaverse dan game,” kata Yan.

4.NFT Pricing
Harga NFT adalah sebuah tantangan; perbedaan harga token berarti sangat sulit untuk dinilai, kata Yan. Metode statistik dan pembelajaran mesin tidak banyak berguna ketika masalah utamanya adalah hanya sebagian kecil dari koleksi NFT yang diperdagangkan pada hari tertentu, dan setiap hari berbeda, sehingga sulit untuk mengeksploitasi data perdagangan.

Salah satu harga paling populer Metodenya adalah dengan menggunakan harga dasar, “tetapi seperti yang dapat Anda bayangkan, itu jauh dari akurat,” kata Yan.

Meskipun demikian, pendekatan yang andal terhadap penetapan harga NFT penting untuk keberlanjutan industri yang lebih luas. “Sangat membantu bagi orang untuk membuat prediksi, berdagang, dan pada dasarnya untuk menarik institusi dan uang yang cerdas,” kata Yan.

Instrumen keuangan seperti perjanjian pinjaman dan sewa, semuanya bergantung pada pasar dasar yang sangat akurat dan likuid, sehingga banyak protokol yang bergulat dengan pertanyaan harga. Sementara itu, frekuensi wash trading—akibat likuiditas yang rendah dan dominasi P2P— menambah kebutuhan untuk mengatasi masalah ini dengan lebih baik.

5.NFT Aggregators
Agregator NFT menggabungkan beberapa pembelian menjadi satu transaksi, menawarkan harga dan likuiditas yang lebih baik melalui agregasi beberapa pasar .

Mereka berfungsi sangat mirip dengan pasar Web2 seperti Kayak dan memungkinkan pembeli untuk mengambil kategori NFT tertentu di berbagai pasar, sambil meminimalkan biaya biaya transaksi.

Saat ini, OpenSea adalah pasar yang dominan, sehingga agregator belum mendapatkan daya tarik. Tetapi ketika industri mulai tumbuh, dan pasar yang lebih khusus mulai melihat adopsi dari pengguna, arena akan menjadi lebih kompetitif, kata Yan. Saat itulah agregator sepertigem.xyz dangenie.xyz akan benar-benar mulai masuk akal, membantu pengguna mengakses likuiditas dan harga yang lebih baik.

Lapisan keuangan yang kuat
Vertikal yang membentuk lapisan keuangan akan menarik kelompok investor yang lebih beragam yang akan membawa mereka likuiditas yang dibutuhkan industri untuk menyadari peluang yang ditawarkan. “Kami tidak memiliki itu saat ini. Itu masih kelompok yang sangat kecil. Sebagian besar orang benar-benar keren, tetapi keterlibatan uang pintar dalam hal ini sangat terbatas,” kata Yan.

“Primitif ini akan lepas landas dalam satu atau dua tahun ke depan.”

—Daniel Yan

Dia menganggap banyak vertikal saling berhubungan , dan saling bergantung. “Fraksionalisasi, persewaan, dan penetapan harga sangat penting untuk kesehatan industri, agar pasar NFT tumbuh, dan agregator dan pinjaman bergantung pada mereka.”

Namun, “primitif ini akan lepas landas dalam satu atau dua tahun ke depan, ” dia memprediksi. Struktur besar dan ambisius sedang dibangun, dan segera.

Disponsori oleh Matrixport

Artikel bersponsor ini dibuat oleh Decrypt Studio. Pelajari Lebih Lanjut tentang bermitra dengan Decrypt Studio.

Artikel ini disadur dari decrypt.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.