Pedagang pro berubah menjadi beruang setelah harga Ethereum turun menjadi $3.200

Setelah reli 42% selama periode tiga minggu, Ether (ETH) memuncak pada $3.580 pada tanggal 3 April dan sejak itu, koreksi 12% menjadi $3.140 telah terjadi. Raksasa

Tech meluncurkan platform kontrak pintar mereka sendiri dan ketidakpastian peraturan mungkin berdampak sentimen investor dan metrik derivatif juga menunjukkan kondisi memburuk yang mengkonfirmasi pergeseran pedagang profesional menuju sentimen bearish.
Harga Eter/USD di FTX. Sumber: TradingView
Pada tanggal 6 April, Financial Times melaporkan bahwa Meta dilaporkan berencana untuk memperkenalkan mata uang virtual dan layanan pinjaman. Langkah ini bertujuan untuk mengeksplorasi sumber pendapatan alternatif untuk Facebook, WhatsApp, Instagram dan Messenger.

Senator Amerika Serikat Pat Toomey, anggota peringkat Komite Perbankan Senat, juga menyusun rancangan undang-undang yang mengusulkan kerangka peraturan untuk stablecoin. Undang-undang mengharuskan penerbit untuk mencadangkan cadangan stablecoin mereka dengan aset “yang berupa kas dan setara kas atau aset likuid berkualitas tinggi level 1 dalam mata uang dolar AS.”

Meskipun koreksi harga Ether menjadi $3.200, nilai jaringan yang dikunci dalam kontrak pintar meningkat 13% dalam 30 hari menjadi $85,6 miliar. Oleh karena itu, perlu ditelusuri apakah suasana pedagang derivatif dipengaruhi oleh penolakan harga baru-baru ini.

Derivatif menunjukkan pedagang Ether membalik bearish

Untuk memahami apakah pasar telah berbalik bearish, pedagang harus melihat premium kontrak berjangka Ether, juga dikenal sebagai ” dasar.” Tidak seperti kontrak abadi, berjangka kalender tetap ini tidak memiliki tingkat pendanaan, sehingga harganya akan sangat berbeda dari pertukaran spot biasa.

Trader dapat mengukur tingkat kenaikan pasar dengan mengukur kesenjangan biaya antara berjangka dan pasar spot reguler.
[ img src=”https://s3.cointelegraph.com/uploads/2022-04/2de65fee-a109-4d87-8c49-bb7ee1d95147.png”/>Ether perpetual futures tingkat pendanaan 8 jam. Sumber: Coinglass.com
Futures harus diperdagangkan dengan premi tahunan 5% hingga 12% di pasar yang sehat. Namun, seperti yang ditampilkan di atas, premi tahunan Ether telah menurun dari 6% pada 5 April menjadi 4,5% saat ini.

Terkait: FDIC ingin bank-bank AS melaporkan aktivitas terkait kripto saat ini dan yang akan dilakukan

Pasar opsi menggoda pesimisme

Untuk mengecualikan eksternalitas khusus untuk masa depan instrumen, pedagang juga harus menganalisis pasar opsi. Kemiringan delta 25% membandingkan opsi panggilan (beli) dan put (jual) yang serupa. Metrik akan berubah menjadi positif ketika ketakutan merajalela karena premi opsi put pelindung lebih tinggi daripada opsi panggilan berisiko serupa.

Kebalikannya berlaku ketika keserakahan lazim, menyebabkan indikator kemiringan delta 25% bergeser ke area negatif.
Eter opsi 30 hari 25% delta condong. Sumber: Laevitas.ch
Indikator condong 25% telah berkisar antara 4% dan 8% sejak 22 Maret, menunjukkan harga yang seimbang untuk opsi bullish dan bearish. Namun, koreksi ke $3.140 pada 7 April menyebabkan metrik untuk sesaat menguji 9,5%, ambang batas untuk sentimen netral ke bearish.

Sementara pembacaan 7% saat ini masih netral, aman untuk mengatakan bahwa pedagang pro Ether menjadi lebih tidak nyaman karena Ether diperdagangkan turun 12% dalam empat hari. Saat ini, ada sedikit rasa bearish di pasar.

Tentu saja, tidak ada yang dapat memprediksi kapan Ether akan terus downtrend tetapi mempertimbangkan data turunan saat ini, permintaan untuk leverage longs berkurang.

Pandangan dan pendapat yang diungkapkan di sini adalah sepenuhnya milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan Cointelegraph. Setiap langkah investasi dan perdagangan melibatkan risiko. Anda harus melakukan riset sendiri saat membuat keputusan.

Artikel ini disadur dari cointelegraph.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.