Pemilik CryptoPunk Utang Duit untuk Panaskan Pasar NFT Ethereum

Rumah lelang Sotheby`s dijadwalkan untuk menawarkan banyak 104 NFT CryptoPunks bernilai tinggi pada bulan Februari, dengan perkiraan pengangkutan $ 20 juta hingga $ 30 juta untuk set tersebut. Sebagai gantinya, pemilik Ethereum NFT menarik lot beberapa menit sebelum lelang dimulai—dan menyombongkan diri tentang Sotheby yang “kasar” di Twitter.

Sebaliknya, 0x650d—pemilik pseudonim dari NFT tersebut—kini telah mengambil pinjaman $8,3 juta dolar menggunakan set CryptoPunks sebagai jaminan, pinjaman terbesar yang dilaporkan hingga saat ini.

Pinjaman 1 April didukung oleh bundel terpisah 101 CryptoPunks dari pemegang yang berbeda, yang mengamankan $8 juta pada awal Maret. Kedua pinjaman dieksekusi melalui NFTfi, pasar pinjaman yang didukung NFT, dengan DAO (atau organisasi otonom terdesentralisasi) yang menyediakan likuiditas yang disebut MetaStreet menawarkan dana pada kedua kesempatan.

“Terima kasih kepada chads [di MetaStreet] untuk membuka 8,32 juta dalam likuiditas di CryptoPunks saya sambil memungkinkan saya untuk mempertahankan eksposur terbalik ke koleksi saya, ”tweet 0x650d. Decrypt menjangkau 0x650d untuk info tambahan tentang pinjaman dan keputusan sebelumnya untuk membatalkan lelang Sotheby, tetapi tidak menerima tanggapan. eksposur ke koleksi saya https://t.co/r6QIdOP3Q4

— 0x650d (@0x650d) 1 April 2022

Pinjaman melihat 0x650d meminjam 8,32 juta DAI stablecoin dengan jendela pembayaran 90 hari dan 10% APR, menurut perincian yang diberikan oleh NFTfi. Ini adalah contoh terbesar dari tren yang berkembang dari kolektor NFT yang memanfaatkan kepemilikan berharga mereka untuk membuka likuiditas jangka pendek, daripada menjual NFT untuk pembayaran satu kali.

Ketika pasar NFT meledak nilainya selama tahun lalu, beberapa pemegang koleksi NFT “blue chip” mencari cara untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka pendek dari aset mereka yang semakin berharga. Di situlah NFTfi masuk, sebagai pasar peer-to-peer yang menghubungkan pemilik NFT dengan penyedia likuiditas yang dapat menawarkan pinjaman dalam Wrapped Ethereum (WETH) atau DAI. Platform pinjaman lain yang didukung NFT termasuk Arcade dan Drops.

Stephen Young, CEO NFTfi, mengatakan kepada Decrypt bahwa pasarnya sekarang telah menangani lebih dari $110 juta di 6.500-plus pinjaman—$70 juta di antaranya pada tahun 2022. Pemegang NFT

An dapat menghubungkan dompet ke NFTfi dan pilih NFT mana yang ingin mereka pinjam, dan tentukan persyaratan yang diinginkan. Dari sana, penyedia dapat membuat penawaran. Jika diterima, transaksi on-chain melihat dana dikirim dari penyedia likuiditas ke pemegang NFT, sedangkan NFT disimpan dalam kontrak pintar escrow selama periode pinjaman.

Ada risiko di kedua ujungnya. Jika peminjam tidak membayar kembali pinjaman dalam jangka waktu yang ditentukan, pinjaman gagal, dan pemberi pinjaman dapat menyita dan mengklaim aset. Dan untuk penyedia, dengan pasar NFT yang terkenal bergejolak, selalu ada kemungkinan aset yang disita bisa turun nilainya.

Tingkat default untuk transaksi adalah sekitar 11%, kata Young, sedangkan tingkat default bila diukur dalam volume pinjaman kurang dari 7% . Itu berarti pinjaman terhadap NFT bernilai lebih rendah lebih cenderung gagal bayar, mungkin karena penurunan nilai aset. Sangat mungkin, pemegang NFT dapat memperoleh keuntungan lebih sederhana dengan tidak membayar pinjaman.

Siapa pun dapat meminjam, siapa pun dapat meminjamkan
NFTfi mendukung lebih dari 150 koleksi NFT Ethereum, termasuk Bored Ape Yacht Club, Art Blocks, VeeFriends, dan Mutant Ape Yacht Club. Pinjaman NFT tunggal terbesar hingga saat ini di platform adalah untuk Autoglyph, sebuah proyek terbatas dari pencipta CryptoPunks, Larva Labs. Pinjaman itu menghasilkan peminjam lebih dari $1,4 juta pada bulan Oktober, sekali lagi melalui MetaStreet.

. Namun, bukan hanya perusahaan dan organisasi yang menyediakan likuiditas untuk pinjaman yang didukung NFT. Siapa pun dengan cryptocurrency cadangan dapat terhubung ke platform dan memberikan pinjaman, kata Young, untuk mendapatkan hasil tambahan dari dana mereka—atau untuk mencoba dan mengamankan NFT agunan melalui default.

Ruang menjadi “jauh lebih profesional,” jelas Young , khususnya seputar aset blue chip seperti CryptoPunks, Autoglyphs, dan Bored Apes. Lebih banyak pihak institusional menawarkan likuiditas, katanya, sementara beberapa pedagang sedang membangun bot berbasis AI yang secara otomatis menilai aset dan membuat penawaran.

Dan sementara beberapa peminjam dapat mengambil pinjaman yang didukung NFT untuk membeli lebih banyak NFT, atau melakukan perdagangan kripto, yang lain membebaskan dana untuk penggunaan di dunia nyata. Young berbagi cerita tentang seseorang yang menggunakan Doodles NFT untuk mengambil pinjaman 4 ETH untuk membeli truk untuk membantu upaya bantuan Ukraina, dan dia bisa mendapatkan pinjaman APR 0% dari pemberi pinjaman untuk membantu penyebabnya.

Ini masih relatif hari-hari awal untuk pasar NFT, dan bahkan hari-hari sebelumnya untuk pasar pinjaman yang didukung NFT, tetapi Young mengatakan dia mengantisipasi pasar dapat tumbuh hingga penetrasi 10% berdasarkan total volume perdagangan NFT. Saat ini diperkirakan 0,5%.

“Karena semakin banyak kehidupan kita yang digital, semakin banyak nilai yang diperoleh di ruang digital, dan semakin banyak hal fisik direpresentasikan sebagai NFT, saya tidak benar-benar melihat pintu air itu berbalik,” Young ditambahkan. “Seiring dengan semakin bertambahnya nilai dalam aset ini, orang akan membutuhkan alat keuangan.”

Artikel ini disadur dari decrypt.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.