Roundup Altcoin: Dorongan interoperabilitas menempatkan perhatian kembali pada Polkadot

Ekosistem Polkadot berkinerja sangat buruk dibandingkan dengan jaringan layer-1 lainnya pada tahun 2021, sementara peluncuran lelang parachain dan peluncuran mainnet yang lambat membuat jaringan tersebut mengejar ketinggalan pada tahun 2021.

Tampaknya tren ini berakhir pada pertengahan Maret ketika banyak proyek di ekosistem Polkadot melihat harga mereka naik lebih tinggi setelah pengguna mulai terlibat dengan jaringan yang memperluas penawaran mereka dan mendorong ke arah kompatibilitas Ethereum Virtual Machine (EVM).
DOT, GLMR, ACA, ASTR, SAITO, CFG, dan KYL dalam pasangan USDT. Sumber: TradingView
Berikut adalah enam protokol bergerak teratas di ekosistem Polkadot yang membantu membangun kehadiran di pasar cryptocurrency.

Interoperabilitas adalah kuncinya

Interoperabilitas telah menjadi salah satu tema penggerak pasar cryptocurrency selama setahun terakhir, dan Moonbeam (GMLR ) dan Astar (ASTR) adalah dua parachain Polkadot yang berfokus untuk menghadirkan kompatibilitas multichain dengan jaringan Ethereum lainnya.

Moonbeam adalah parachain kontrak cerdas yang bertujuan untuk mempermudah penggunaan alat pengembang Ethereum untuk membangun atau menerapkan kembali proyek Soliditas di lingkungan berbasis substrat Polkadot.

Ini adalah parachain pertama yang ditayangkan di mainnet Polkadot dan berencana untuk membawa tata kelola on-chain, staking, dan integrasi lintas-rantai ke set fitur dasar Ethereum.

Astar adalah hub aplikasi terdesentralisasi (DApp) yang mendukung berbagai standar termasuk solusi Ethereum, WebAssembly (WASM) dan lapisan-2 seperti zk-Rollups. Tujuan dari protokol ini adalah untuk menjadi platform kontrak pintar multichain yang mampu mendukung beberapa jaringan blockchain dan mesin virtual.

Sejak diluncurkan pada akhir Januari, jaringan Astar telah melihat nilai total yang dikunci pada protokol mencapai $ 1,47 miliar, dan metrik saat ini berada di $ 1,31 miliar, menurut data dari DefiLlama.
Total nilai terkunci di Astar. Sumber: DefiLlama
Moonbeam dan Astar menyediakan layanan penting bagi ekosistem Polkadot karena Rantai Relai Polkadot tidak mendukung kontrak pintar.

Ekosistem DeFi Polkadot masih dalam masa pertumbuhan

Ekosistem keuangan terdesentralisasi (DeFi) di Polkadot mulai mendapatkan daya tarik, berkat perkembangan baru dari Acala dan Centrifuge.

Acala telah mengisi peran penting dalam ekosistem DeFi Polkadot dengan menghadirkan jaringan stablecoin asli pertamanya — aUSD.

Stablecoin telah menjadi bagian mendasar dari infrastruktur DeFi yang mendasari dan penambahan aUSD membawa stablecoin terdesentralisasi ke pasar yang dijamin oleh Polkadot (DOT), turunan DOT dan akhirnya, oleh aset lintas rantai seperti Bitcoin (BTC) atau Ether (ETH ).

Dengan Acala dan aUSD, ekosistem Polkadot kini telah bergabung dengan orang-orang seperti Terra, Frax Share, dan Curve Finance dalam “perang stablecoin” yang sedang berlangsung yang telah menjadi tema dominan dalam evolusi DeFi.

Centrifuge adalah protokol pembiayaan aset terdesentralisasi yang dirancang untuk menjembatani dunia nyata dengan DeFi melalui tokenisasi aset seperti faktur, real estat, dan royalti. biaya modal untuk usaha kecil menengah dan memberi investor sumber pendapatan yang stabil.

Dengan Centrifuge, perusahaan dapat menggunakan aset nyata yang ditoken sebagai jaminan untuk mengakses pembiayaan pada protokol pinjaman DApp Tinlake.
Acala, sembilan tim parachain, dan sekelompok dana ventura telah meluncurkan `aUSD Ecosystem Fund` senilai $250 juta ️Dana ini mencari proyek tahap awal dari parachain @Polkadot atau @KusamaNetwork mana pun dengan kasus penggunaan stablecoin $aUSD yang kuat https://t .co/OJ2V47ZUry pic.twitter.com/NDgLg2bG8N
— Acala (@AcalaNetwork) 23 Maret 2022
Acala dan Centrifuge mengambil bagian dalam “aUSD Ecosystem Fund” senilai $250 juta yang diluncurkan pada 23 Maret, sesaat sebelum ekosistem Polkadot mulai tren lebih tinggi .

Web3 pivot mengkatalisasi pertumbuhan

Web3 adalah kata kunci lain yang sedang tren di seluruh ekosistem crypto, dan istilah ini sebenarnya hanya istilah mewah untuk integrasi teknologi blockchain dengan internet.

Saito dan Kylin adalah dua protokol dalam ekosistem Polkadot yang berfokus pada memfasilitasi evolusi Web3 melalui skalabilitas dan manajemen data.

Saito adalah jaringan blockchain yang dirancang untuk memproses data Terabyte dengan membayar hadiah ke node di jaringan peer-to-peer (P2P), alih-alih menggunakan penambang atau mengintai, sebagai metodenya untuk memberikan jaringan tanpa izin dan skalabel.

Fungsi ini diperlukan untuk suatu hari nanti mendukung versi terdesentralisasi dari situs populer yang saat ini memegang monopoli di Web2, seperti Twitter, Facebook, dan Amazon.

Sebagai manajemen data di ekosistem Polkadot, Kylin telah memimpin dengan menyediakan solusi infrastruktur data terdesentralisasi yang dikenal sebagai DeData untuk Web3. Ekosistem Kylin terdiri dari oracle data, analitik data, dan pasar data.

Kylin data analytics adalah seperangkat alat yang dirancang untuk gudang data yang mengekstraksi temuan, pola, dan interpretasi data yang berarti, sambil menerapkan fungsionalitas komersialisasi berbiaya rendah untuk publik.

The Kylin data oracle adalah protokol pengumpanan data terdesentralisasi canggih yang mampu memproses semua jenis data di dalam dan di luar rantai dengan cara yang divalidasi.

Ingin informasi lebih lanjut tentang perdagangan dan investasi di pasar crypto?
Menskalakan DApps pada tahun 2022, dijelaskanHarga Astar (ASTR) berlipat ganda saat jaringan bersiap untuk menambah 15 proyek baru pada bulan April3 kemungkinan alasan mengapa Polkadot memainkan peran kedua di balapan L1Polkadot membayangkan gangguan Web 3.0 dengan beberapa peluncuran parachainPeluncuran Moonbeam (GLMR) membawa interoperabilitas EVM lebih dekat ke jaringan Polkadot

Artikel ini disadur dari cointelegraph.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.